SOLOPOS.COM - Pembalap Honda Marc Marquez start di posisi 13 pada MotoGP Italia 2015 karena salah strategi. Ist/motosport.com

MotoGP Italia 2015 membawa Marc Marquez di posisi start nomor 13. Mengapa dia bisa tercecer?

Solopos.com, MUGELLO — Pembalap Repsol Honda Marc Marquez harus start dari posisi ke-13 di MotoGP Italia. Juara dunia dua musim terakhir itu mengakui hal ini terjadi karena kesalahan strategi ban.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Marquez mencatatkan hasil kualifikasi yang mengecewakan di sirkuit Mugello, Sabtu (30/5/2015). Dia cuma catatan terbaik satu menit 47,240 detik yang menempatkannya di posisi start nomor 13.

Pembalap 22 tahun itu mengakui melakukan kesalahan di latihan bebas ketiga. Di dua sesi latihan pertama, Marquez memang masih mencatatkan hasil oke dengan menempati urutan empat dan dua.

Namun kemudian anjlok hanya berada di posisi 11 di sesi latihan bebas ketiga. Dia lantas harus mengikuti kualifikasi pertama. Di sesi tersebut dia hanya menempati posisi tiga tercepat, sehingga gagal masuk ke daftar 12 pembalap teratas yang berhak memburu pole position.

“Jadi hari ini segalanya berjalan salah. Kami bisa mengatakan bahwa telah melakukan kesalahan di FP3, di mana saya tidak memasang ban baru pada akhirnya,” kata Marquez seperti dilansir detiksport mengutip Crash.

“Saya menggunakan ban lama yang sudah dipakai kemarin, sejak awal sampai akhir karena kami terlalu banyak memikirkan perbaikan sektor elektronik. Dan untuk memperbaiki bagian elektronik Anda perlu melakukan banyak putaran,” paparnya.

“Jadi kami berkonsentrasi pada itu dan kemudian mengikuti kualifikasi pertama. Di kualifikasi pertama, saya sempat punya kepercayaan diri untuk melaju dengan sepasang ban, tapi kami mendapatkan masalah lain,” imbuhnya.

“Di kualifikasi, ban belakangnya kerap sliding. Kami tidak tahu kenapa tapi begitulah rasanya dan kemudian kami mengecek datanya, dan memang seperti itu. Bannya sangat licin (tak mengigit),” kata Marquez.

“Saya sempat berhenti untuk mencoba ban lain tapi waktunya tidak cukup dan itulah problem utama di kualifikasi pertama. Tapi kesalahan terbesarnya saya ulangi, adalah di FP3,” demikian Marquez.

Rider Ducati Andrea Iannone bakal start terdepan pada balapan, Minggu (31/5/2015). Di belakangnya adalah Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. (JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya