SOLOPOS.COM - Pembalap Yamaha MotoGP Valentino Rossi (Ki) juara MotoGP Inggris 2015 dan pembalap Ducati Andrea Dovizioso yang menempati posisi ketiga menyemprotkan sampanye seusai penyerahan trofi. JIBI/Reuters/Darren Staples

MotoGP Inggris 2015 menjadi ajang balapan sial bagi mantan juara dunia Marc Marquez. Ia gagal menyentuh garis finis seusai terjatuh.

Solopos.com, SILVERSTONE—Peluang Marc Marquez untuk mencetak hat-trick gelar juara dunia Motogp pupus sudah setelah ia gagal menyentuh garis finis di GP Inggris, Sirkuit Silverstone, Minggu (30/8/2015). Pembalap Honda itu terjatuh saat tengah berduel sengit dengan sang pemenang GP Inggris, Valentino Rossi, dalam balapan yang berlangsung di bawah guyuran hujan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal modal Marquez di Silverstone terbilang sempurna. Sebelum menelan pil pahit di trek sepanjang 5,891 km itu, pembalap muda Spanyol itu start dari grid terdepan setelah merebut pole position di sesi kualifikasi, Sabtu (29/8/2015). Selain itu, ia defisit 52 poin baik dengan Rossi atau Jorge Lorenzo.

Tapi, nasib Marquez makin memburuk setelah ia tak bisa merampungkan balapan sebanyak empat kali di musim ini. Alhasil, selisih Marquez dengan Rossi menjadi 77 poin dengan tinggal menyisakan enam seri. Jarak yang kian melebar ini membuat pembalap berjuluk Baby Alien itu mustahil mengejar Rossi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Karakter motor saya yang seperti mengambang di bagian belakang sejak awal musim. Ketika hujan saya merasakan sulit mengendalikan balapan. Saat berada di belakang Valentino, saya mengerem dan bagian belakang terkunci. Sama saat saya coba menyelamatkan diri dari kecelakaan, motor saya seperti melayang,” ujar Marquez, dilansir crash.net, Senin (31/8/2015).

“Kami kehilangan kesempatan untuk meraih juara dunia, tapi kami akan berusaha untuk menang sebanyak mungkin hingga akhir musim. Sekarang tak ada lagi tekan. Saya akan menggunakan ini untuk memetik hasil sebaik mungkin,” papar rekan Dani Pedrosa ini.

 

Spaniard berusia 22 tahun itu sempat menjadi penantang Valentino Rossi. Namun, petaka terjadi di putaran 13. Ketika memasuki tikungan, motornya hilang kendali dan terlempar ke udara. Persoalan yang ia hadapi mirik dengan masalah teknis yang membekap Marquez di awal musim 2015.

Sementara itu, apes juga dialami Lorenzo. Meski tak sampai crash, juara dunia dua kali itu harus gigit jari karena tak bisa menang. Ia tak bisa menyentuh podium dan hanya finis keempat di bawah Rossi, Danilo Petrucci, dan Andrea Dovizioso.

“Masalah datang saat hujan turun. Saya kehilangan pandangan karena helm mengembun. Saya kehilangan poin karena helm,” jelas Lorenzo. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

  • Hasil Klasemen Sementara MOTOGP 2015:

1.  Valentino Rossi (Italy) Yamaha     236

2.  Jorge Lorenzo (Spain) Yamaha      224

3.  Marc Marquez (Spain) Honda        159

4.  Andrea Iannone (Italy) Ducati        150

5.  Andrea Dovizioso (Italy) Ducati    120

6.  Bradley Smith (Britain) Yamaha    115

7.  Dani Pedrosa (Spain) Honda          102

8.  Danilo Petrucci (Italy) Ducati         83

9.  Pol Espargaro (Spain) Yamaha        81

10. Cal Crutchlow (Britain) Honda       74

11. Maverick Vinales (Spain) Suzuki   67

12. Aleix Espargaro (Spain) Suzuki     60

13. Scott Redding (Britain) Honda       47

14. Yonny Hernandez (Colombia) Ducati  41



15. Hector Barbera (Spain) Ducati       23

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya