MOTOGP INGGRIS 2014 : Bangkitnya Kembali Marc Marques
Marquez saat berduel lawan Lorenzo di sirkuit Silverstone. JIBI/Rtr/Darren Staples

Solopos.com, SILVERSTONE -- Pembalap Repsol Honda Marc Marquez langsung bangkit setelah rentetan kemenangannya musim ini terhenti di balapan dua pekan lalu. Marquez kembali naik podium teratas dalam MotoGP Inggris Raya.

Dalam balapan di Silverstone, Minggu (31/8/2014) malam WIB, Marquez berhasil meraih kemenangan meskipun sempat kehilangan posisi terdepan selepas start. Saat itu Jorge Lorenzo dari Movistar Yamaha-lah yang melakukan start dengan baik sehingga berhasil mengambil alih posisi terdepan selama beberapa waktu.

Lorenzo dan Marquez kemudian terlibat duel-duel dalam memperebutkan posisi terdepan. Keduanya saling susul, meskipun akhirnya Marquez berhasil melewati Lorenzo dan melewati garis finis paling pertama dengan diikuti oleh rivalnya tersebut.

Kemenangan tersebut membuat Marquez kembali naik ke podium teratas, setelah sebelumnya sempat absen sama sekali dari posisi tiga besar di MotoGP Republik Ceko. Di Brno itu pula, saat rekan satu timnya Dani Pedrosa berjaya, rentetan kemenangan Marquez terhenti di angka 10.

Ini merupakan kemenangan nomor 11 untuk Marquez dari 12 seri balapan sejauh ini. Sang juara bertahan kini mengoleksi 288 poin. Sementara Lorenzo, yang harus puas mencatatkan finis kedua selama tiga balapan berturut-turut, poinnya jadi 157. Finis kedua di Silverstone kali ini juga membuat Lorenzo gagal memperpanjang rentetan kemenangannya di sana setelah mampu berjaya dalam dua balapan sebelumnya.

Podium terakhir di Silverstone direbut oleh rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi, yang sepanjang balapan mesti berduel cukup sengit dengan Pedrosa dan Andrea Dovizioso (Ducati) dalam memperebutkan posisi tersebut.

Hasil itu membuat Pedrosa masih berada di posisi dua klasemen pebalap dengan 199 poin, unggul 10 poin saja dari Rossi di posisi tiga. Lorenzo ada di posisi empat.

Pada balapan di sirkuit Silverston kali ini, Lorenzo seperti dilansir detiksport, start dengan bagus dan langsung mengambil alih posisi terdepan dari Marquez. Selepas start itu Marquez terdorong ke posisi dua diikuti oleh Aleix Esparagaro dan Andrea Dovizioso.

Di akhir lap pertama, posisi empat besar tak berubah. Kehadiran Valentino Rossi dan Dani Pedrosa melengkapi posisi enam besar untuk sementara.

Lorenzo dan Marquez langsung bertarung di depan, sedangkan Dovizioso sudah sukses menyodok ke posisi tiga di lap kedua. Rossi sementara itu ada di posisi empat diikuti oleh Pedrosa, dengan A. Espargaro sudah terdorong ke posisi enam.

Memasuki lap keempat Rossi terus menempel Dovizioso dalam perebutan posisi tiga. Di sisi lain Pedrosa juga masih membayangi Rossi. Sedangkan Marquez dan Lorenzo, yang masih memimpin balapan, pun berjarak tidak terlalu jauh di depan.

Pada lap kelima Rossi berhasil melewati Dovizioso untuk menempati posisi tiga. Giliran Pedrosa yang kini mengintai Dovizioso. Marquez sementara itu tampak terus berusaha mencari celah dari Lorenzo. Lima pembalap terdepan ini juga terlihat kian menjauh dari rombongan pembalap lain di belakangnya.

Di lap kedelapan Pedrosa sudah melewati Dovizioso dan kini akan berupaya mengejar Rossi. Sedangkan di bagian depan Marquez dan Lorenzo terlihat kian menjauh dari rider lain.

Satu lap kemudian Pedrosa berhasil melewati Rossi untuk menempati posisi tiga. Dengan Dovizioso juga berjarak tidak terlalu jauh, tiga pembalap itu pun tampak masih akan terlibat duel-duel sengit dalam perebutan posisi tiga.

Memasuki 10 lap akhir, Lorenzo masih memimpin balapan dan terlihat terus berusaha menutup celah-celah untuk Marquez yang melaju tepat di belakangnya. Pedrosa juga masih menempati posisi tiga dengan ditempel oleh Rossi dan Dovizioso.

Terjadi perubahan di posisi tiga setelah Rossi sukses bermanuver untuk melewati Pedrosa dengan delapan lap tersisa. Tak berapa lama giliran Dovizioso yang menyalip Pedrosa.

Satu lap setelah itu Marquez berhasil menyalip Lorenzo untuk mengambil alih posisi terdepan di sektor Stowe Corner. Lorenzo langsung berusaha membalas meskipun gagal dan kini berada di posisi dua.

Dengan lima lap tersisa dalam balapan, Lorenzo berhasil merebut kembali posisi terdepan dari Marquez. Sebuah kesalahan dari Marquez membuat Lorenzo melewatinya di sektor Vale.

Memasuki tiga lap terakhir Marquez beraksi lagi untuk menyalip Lorenzo. Keduanya sempat bersenggolan dalam usaha Lorenzo membalas, meski akhirnya posisi terdepan kini dihuni Marquez. Lorenzo berada di posisi dua. (JIBI/SOLOPOS)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom