SOLOPOS.COM - Doni Tata berpelauang tampil di MotoGP 2017 (Antaranews)

MotoGP di Indonesia berpeluang digelar di Sentul. Pembalap Indonesia bisa tampil apabila menjadi tuam rumah  MotoGP 2017.

Solopos.com, SENTUL —  Direktur Sirkuit Sentul, Tinton Soeprapto, mengatakan pembalap Indonesia bisa saja tampil di MotoGP 2017. MotoGP di Indonesia memang berpeluang digelar pada 2017.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tentu, Indonesia belum tampil di kelas utama MotoGP. Dulu, pembalap muda Indonesia, Rafid Topan, pernah bergabung QMMF Racing Team, Qatar, untuk tampil di Moto 2. Ada pula Doni Tata yang pernah tampil di Moto 2, 2013 lalu.

“Ini seperti mimpi dan tinggal diwujudkan. Tinggal kalian teman-teman media yang ikut membantu. Dalam satu bulan ini antarkementerian akan membuat tim,  pelaksananya tidak jadi masalah,” ujar Tinton, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (21/5/2015).

Kementerian Pariwisata baru saja membuat perjanjian dengan penyelenggara MotoGP, Dorna SL. Hal ini membuat Indonesia yang memiliki Sirkuit Sentul di Bogor, Jawa Barat masuk perhitungan dalam memperebutkan satu tempat untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2017.

“Kalau ada perubahan-perubahan kita ikuti sesuai aturan Dorna. Ini kejuaraan dunia dan ini lebih besar dari Formula 1. Kesempatan pembalap Indonesia bisa ikut. Kalau di F1, kita hanya bisa di belakang, karena tidak mungkin melawan Ferrari, McLaren, Mercedez, dan lain-lain,” katanya Tinton.

Balapan MotoGP 2015 yang terdiri atas 18 seri meliputi seri Asia, Australia, Eropa, dan Amerika. Namun, Dorna berencana mengadakan 20 balapan atau full series dua tahun mendatang, setelah bergabungnya Sirkuit Red Bull Ring, Austria, sebagai tuan rumah musim 2016.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya, Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP. Rencananya, ajang motoGP di Indonesia itu akan digelar dua tahun lagi di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Indonesia pernah dua kali menyelenggarakan ajang balap motor 500 cc pada tahun 1996 dan 1997. Saat itu, pembalap kelas 500 cc yang menjadi juara di Sentul adalah Mike Doohan, pada 1996 dan Tadayuki Okada pada 1997. Valentino Rossi yang membalap di ajang 125 cc dan Max Biaggi yang membalap di kelas 250 cc juga pernah mengaspal di Sentul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya