Tutup Iklan

MOTOGP DI INDONESIA : Ini Keuntungan Indonesia Gelar MotoGP 2017

MOTOGP DI INDONESIA : Ini Keuntungan Indonesia Gelar MotoGP 2017

SOLOPOS.COM - Jorge Lorenzo di Sirkuit Sentul (Okezone)

MotoGP di Indonesia kemungkinan bisa terwujud pada 2017. Ada keuntungan besar apabila Indonesia bisa menggelar MotoGP. Apa asaja itu?

Solopos.com, JAKARTA — Bukan rahasia lagi apabila penikmat MotoGP di Asiatermasuk Indonesiasangat besar. Dengan alasan itu, promotor MotoGP, Dorna, membuka peluang Indonesia menggelar MotoGP 2017 bersama Thailand dan Finlandia.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, mengaku Asia merupakan salah satu negara yang antusias menyaksikan MotoGP. Ia berharap Indonesia dapat menyelenggarakan lomba balap motor top dunia itu dengan meningkatkan kualitas Sirkuit Internasional Sentul agar sesuai dengan standar MotoGP.

“Atmosfer MotoGP di Asia sangat besar, Malaysia contohnya. Kami setuju apabila Indonesia ingin menyelenggarakan MotoGP, yang penting trek sesuai standar,” kata Ezpeleta di kantor Kementerian Pariwisata, Gedung Sapta Pesona, seperti dikutip dari Okezone, Kamis (21/5/2015).

Apabila Indonesia berhasil menyelenggarakan MotoGP 2017, banyak keuntungan yang dapat diraih. Berbagai keuntungan tersebut meliputi peningkatan ekonomi dan pemasaran pariwisata, seperti yang diungkapkan Menteri Pariwisata, Arief Yahya. “Dari segi bisnis jelas ini menguntungkan Indonesia, dan kesempatan ini juga untuk menginspirasi anak muda. Saya dulunya orang bisnis dan tahu apabila kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik,” imbuh Arief yang pernah menjadi CEO PT Telekomunikasi Indonesia.

Arief memprediksi pengeluaran untuk menyelenggarakan MotoGP di Indonesia dalam usaha untuk meningkatkan ekonomi di kegiatan pariwisata. "Perhitungan sementara selama empat hari berlangsungnya balap MotoGP 2017, akan terjadi pengeluaran sekitar US$91,73 juta atau setara Rp1,4 triliun,” tambah Arief.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya, Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP. Rencananya, ajang motoGP di Indonesia itu akan digelar dua tahun lagi di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Indonesia pernah dua kali menyelenggarakan Grand Prix motor pada tahun 1996 dan 1997. Saat itu pembalap kelas 500 cc yang menjadi penguasa Sentul adalah Mike Doohan (1996) dan Tadayuki Okada (1997). Valentino Rossi (125 cc) dan Max Biaggi (250 cc) juga pernah membalap di Sentul di kelasnya masing-masing.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.