SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BRNO— — Patah sudah rekor apik yang dicatatkan juara dunia MotoGP 2013, Marc Marquez. Catatan kemenangan selama 10 seri beruntun yang berhasil dibukukan pembalap Honda ini terhenti di Sirkuit Brno, GP Republik Cheska, Minggu (17/8) WIB.

Tak hanya gagal melanjutkan dominasinya di ajang balap motor kelas premier ini, Marquez bahkan tak naik podium. Pembalap 21 tahun ini hanya mampu bertengger di urutan keempat, di bawah Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir MotoGP, Marquez yang sukses merebut pole position untuk kali kesembilan di musim ini, tak bisa berbuat banyak di lintasan sepanjang 5,403 km ini. Pembalap yang kerap dijuluki The Baby Alien ini malah tercecer di lap-lap awal. Ia tak bisa memberi perlawanan sengit kepada rival-rivalnya.

Meski sempat menyodok ke urutan kedua, pembalap Spanyol ini lebih banyak berada di peringkat ketiga sepanjang balapan berlangsung. Pada akhirnya, pembalap Yamaha sekaligus juara dunia tujuh kali MotoGP, Valentino Rossi, sukses mengambil alih posisi Marquez di tempat ketiga dalam 10 lap terakhir. Marquez pun tak bisa mengulang hasil apiknya di Brno musim lalu, serta gagal mencetak rekor teranyar dengan menjadi pembalap pertama yang sukses mencetak 11 kemenangan beruntun dalam satu musim.

Sebaliknya, aksi ngotot Rossi berbuah manis. Pembalap berjuluk The Doctor ini yang tampil sangat agresif sepanjang balapan ini berhasil memblok laju Marquez. Ia pun menjadi penghalang utama sang juara dunia musim lalu itu untuk naik podium.

Jika Brno membawa petaka bagi Marquez, maka sirkuit yang dilengkapi dengan 14 tikungan ini menjadi berkah untuk rekannya, Pedrosa. Pembalap kawakan ini berpesta di atas duka yang diderita Marc.

Brno menjadi penanda podium utama untuk kali pertama di musim ini setelah mencatatkan waktu tercepat dalam 22 lap, 42 menit 47,800 detik. Ini merupakan kemenangan ke-26 bagi pembalap 28 tahun itu sepanjang keikutsertaannya di MotoGP.

Mengawali balapan dari grid kelima, Pedrosa mengambil alih balapan dari tangan pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, di lap kelima. Selama 17 lap terakhir, pembalap yang belum pernah merasakan manisnya juara dunia tersebut memimpin jalannya perlombaan hingga garis finis. Pedrosa bertengger di tempat pertama diikuti Lorenzo di urutan kedua dan Rossi di peringkat ketiga. Sedangkan bagi Lorenzo, ini merupakan posisi runner up ketiga beruntun, selepas GP Jerman dan Indianapolis. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Pembalap Honda Pedrosa (tengah), Lorenzo (Ki) dan Valentino Rossi di podium Ceska. JIBI/Rtr/David W

Pembalap Honda Pedrosa (tengah), Lorenzo (Ki) dan Valentino Rossi di podium Ceska. JIBI/Rtr/David W

Pembalap Honda Pedrosa (tengah), Lorenzo (Ki) dan Valentino Rossi di podium Ceska. JIBI/Rtr/David W

Pembalap Honda Pedrosa (tengah), Lorenzo (Ki) dan Valentino Rossi di podium Ceska. JIBI/Rtr/David W

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya