SOLOPOS.COM - Jorge Lorenzo (JIBI/dok)

MotoGP Cheska 2015 menjadikan pembalap Yamaha Jorge Lorenzo Pecahkan Rekor Lap di sirkuit Brno.
 
Solopos.com, BRNO — Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, mencatatkan rekor lap tercepat untuk merebut pole position MotoGP Cheska, Sabtu (15/8/2015) malam WIB.

Lorenzo menjadi pembalap pertama dalam sejarah yang berhasil mencatatkan waktu kurang dari 1 menit 55 detik dalam satu lap di Sirkuit Brno, Republik Cheska. Pembalap berdarah Spanyol itu mendominasi persaingan di Qualifying 2.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lorenzo mengambil alih urutan terdepan pada menit kelima Q2 saat pembalap Honda, Marc Marquez, berhenti mengganti ban belakang baru. Setelah itu, dia melesat cepat dengan keunggulan 0,5 detik di depan Marquez.

Pembalap berusia 28 tahun itu terus memimpin hingga akhir kualifikasi. Dia menjaga gap 0,074 detik atas Marquez di lap terakhir dan unggul 0,364 detik atas rekan satu timnya, Valentino Rossi, yang mengekor di urutan ketiga.

“Sebelum kualifikasi, saya pikir catatan waktu lap sama seperti pagi ini [Sabtu] akan cukup bagus untuk merebut pole. Saya salah karena Valentino [Rossi] dan Marc [Marquez] sangat dekat. Saya pikir di kualifikasi akan lebih berisiko. Lap tercepat belum sempurna. Saya membuat satu kesalahan dengan membuka throttle terlalu cepat. Tetap, ini adalah salah satu lap tercepat saya,” ulas Lorenzo, seperti dilansir crash.net, Sabtu.

Marquez sempat tercecer sementara waktu sebelum mencatatkan kecepatan terbaik di lap terakhir. Sementara itu, Rossi yang menggunakan ban depan anyar di awal Q2 berhasil menjadi satu-satunya pembalap dengan kecepatan paling meningkat di lap terakhir. Dia menyodok dari urutan kelima ke urutan ketiga untuk memulai balapan dari baris terdepan Minggu (16/8) ini.

“Jorge [Lorenso] dan Marc sangat cepat sejak awal. Jika Anda memulai balapan di belakang mereka, mustahil bisa bertahan. Pagi ini [Sabtu], kami menemukan cara bagus dan siang ini kami mendapatkan kecepatan yang baik. Akan sangat sulit di balapan besok, jadi sangat penting memulai balapan dari baris terdepan,” kata Rossi.

Ini adalah kali kedua bagi Rossi memulai balapan dari urutan terdepan di sepanjang musim 2015. Sebelumnya, dia meraih start terdepan setelah merebut pole position di Sirkuit Assen, Belanda, Juni lalu. Pembalap berjuluk The Doctor itu akan memulai balapan di Brno dengan keunggulan sembilan poin atas Lorenzo dalam perebutan puncak klasemen MotoGP 2015. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)
 
Hasil Kualifikasi MotoGP Cheska, Sabtu (15/8)
No       Pembalap         Tim      Waktu/Gap
1.         Jorge Lorenzo Yamaha           1 menit 54,989 detik
2.         Marc Marquez Honda +0,074 detik
3.         Valentino Rossi           Yamaha           +0,364 detik
4.         Andrea Iannone          Ducati +0,401 detik
5.         Bradley Smith Yamaha           +0,471 detik
Sumber: Crash (ria)

Pembalap Yamaha Jorge Lortenzo memcahkan rekor lap di sirkuit Brno. Ist/dok

Pembalap Yamaha Jorge Lortenzo memcahkan rekor lap di sirkuit Brno. Ist/dok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya