SOLOPOS.COM - Aleix Espargaro, pembalap Suzuki yang menempati posisi pertama start MotoGP Catalunya. Ist/crash.net

MotoGP Catalunya 2015 didominasi duo Suzuki start terdepan. Ini adalah rekor tersendiri bagi Suzuki.

Solopos.com, BARCELONA– Duo pembalap Suzuki, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, sukses merebut dua posisi terdepan di kualifikasi Grand Prix (GP) Catalunya, Sabtu (13/6/2015) malam WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Espargaro menaklukan Circuit de Barcelona Catalunya, Spanyol, untuk mempersembahkan pole position pertama bagi Suzuki sejak 2007. Dia mencatatkan waktu 1 menit 40,546 detik atau lebih cepat 0,083 detik dari rekan satu timnya, Vinales.

Hasil kualifikasi kali ini sekaligus menjadi rekor pertama bagi Suzuki merebut dua posisi terdepan di balapan kelas premier sejak 1993. “Dengan ban pertama, saya menekan tapi tidak mencapai batas. Pada sesi kedua, saya hampir menabrak tikungan terakhir, saya menekan sangat keras. Hasil ini saya persembahkan kepada Suzuki, mereka bekerja sangat keras untuk ini. Saya harap besok kami bisa berada di podium,” kata Espargaro, seperti dilansir Crash, Sabtu.

Setelah menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas, Jumat (12/6/2015), Espargaro langsung tancap gas di kualfikasi kedua. Pembalap Spanyol itu melaju kencang sebelum jagoan Honda, Marc Marquez, dan pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, berupaya mengejar.

Sementara itu, Vinales melengkapi pesta kesuksesan Suzuki dengan menempati perinkat kedua di sesi kualifikasi. Rookie asal Spanyol itu unggul 0,017 detik dari Lorenzo yang mengekor di urutan ketiga.

“Ini luar biasa! Tentu saja saya sangat senang. Besok, kami memiliki peluang bagus untuk menunjukkan performa terbaik dalam balapan. Ini akan sulit, 25 lap sangat berat. Kami akan memberi semua yang kami miliki,” tutur Vinales.

Marquez harus puas menempati urutan keempat setelah menorehkan catatan waktu 0,208 detik lebih lambat dari Espargaro. Sementara itu, pembalap andalan Yamaha, Valentino Rossi, akan memulai balapan dari urutan ketujuh. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya