SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MotoGP Catalunya 2015 benar-benar menjadi neraka sejumlah pembalap top. Mereka crash dan gagal menyelesaikan balapan.

Solopos.com, BARCELONA— Seri ketujuh MotoGP di GP Catalunya, Circuit de Barcelona Catalunya, Spanyol, Minggu (14/6/2015), diwarnai insiden jatuhnya sejumlah pembalap top. Sebanyak delapan pembalap gagal menyelesaikan balapan lantaran mengalami crash di trek sepanjang 4.655 km ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka adalah Cal Crutchlow (LCR Honda), Marc Marquez (Honda), Pol Espargaro (Monster Tech 3 Yamaha), Andrea Dovizioso (Ducati), Nicky Hayden (Aspar), dan Aleix Espargaro (Suzuki). Keenam pembalap MotoGP itu tak bisa merampungkan perlombaan yang berlangsung 25 lap.

Dilansir MotoGP, rata-rata mereka terjatuh ketika balapan masih berlangsung di lap-lap awal. Cal menjadi pembalap pertama yang paling apes saat membalap di sirkuit rumah para rider Spanyol ini. Pembalap Inggris itu start dari grid kesembilan. Sayang, hanya hitungan detik Cal yang juga gagal di GP Italia lalu crash di tikungan keempat.

Ekspedisi Mudik 2024

Sial juga kembali menimpa juara dunia dua kali, Marquez. Start dari posisi keempat pembalap Honda ini langsung menyodok ke urutan kedua setelah Jorge Lorenzo yang sukses mengambil alih baris terdepan dari tangan sang pemegang pole, Aleix Espargaro.

Spaniard berusia 22 tahun itu terjatuh di gravel tikungan ke-10. Hal ini membikin Marquez tak bisa merampungkan balapan dua kali beruntun lantaran crash.

“Terkadang hal semacam ini terjadi saat Anda menekan batas. Kami cukup cepat, tapi ada sedikit masalah yang membikin gugup. Saya sangat kecewa karena seharusnya bisa mengamankan podium,” terang Marquez.

Pol Espargaro mengikuti jejak Marquez dengan melebar dari posisi keenam lalu jatuh di tikungan ketiga lap kelima. Tak berapa lama Dovizioso ikut tertimpa apes saat ia berada di urutan ketiga.

Begitu pula dengan kakak Pol, Aleix yang tak mampu mengulang performa apik di sesi kualifikasi lantaran crash di tikungan kelima lap ke-21 setelah mendapat tekanan dari Andrea Iannone. Pil pahit juga dirasakan juara dunia 2006, Nicky Hayden, Marco Melandri, dan Yonny Hernandez dari Pramac Racing Ducati.

Sebaliknya, seri ini menjadi berkah bagi Lorenzo yang mencatatkan kemenangan untuk kali keempat. Hasil ini membikin Lorenzo membayangi Valentino Rossi sebagai pemuncak klasemen dengan selisih satu poin. Rossi turut naik podium di nomor dua diikuti Dani Pedrosa yang masuk tiga besar untuk kali pertama di musim ini.

“Hari sangat panas sehingga balapan berlangsung sulit. Valentino juga sangat bagus. Beruntung kami tak melakukan kesalahan hingga akhir perlombaan,” jelas Lorenzo. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo meloncat di podium bersama Rossi (ki) dan Pedrosa. JIBI/Rtr/Albert

Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo meloncat di podium bersama Rossi (ki) dan Pedrosa. JIBI/Rtr/Albert

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya