MOTOGP BELANDA 2015 : Rossi Menang Dramatis
Pembalap Honda MotoGP Marquez (ki-ka), Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo pose di podium. JIBI/Rtr/Ro

MotoGP Belanda 2015 berakhir dengan kemenangan Valentino Rossi secara dramatis.

Solopos.com, ASSEN -- Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, merebut podium utama setelah memenangi duel dramatis melawan jagoan Honda, Marc Marquez, di MotoGP Belanda, Sabtu (27/6/2015) malam WIB.

Rossi dan Marquez menyajikan persaingan sengit sejak balapan di Sirkuit Assen, Belanda, dimulai. Mengawali balapan dari urutan terdepan, Rossi lebih dengan mudah melesat meninggalkan para pesaingnya di lap awal.

Marquez yang memulai balapan dari posisi ketiga gigih mengejar The Doctor, julukan Rossi. Juara bertahan MotoGP itu terus menempel Rossi hingga berhasil merebut posisi terdepan pada lap ke-20.
Akan tetapi, keunggulan Marquez tidak bertahan lama. Rossi kembali mengambil alih urutan terdepan di tikungan ke-10 saat balapan hanya menyisakan dua lap.

Setelah kecolongan, Marquez semakin ngotot mengejar The Doctor. Pembalap asal Spanyol itu nyaris berhasil menyingkirkan Rossi di menit-menit akhir balapan.

Akan tetapi, Rossi masih terlalu tangguh. Peraih sembilan gelar juara dunia itu tetap mampu menyentuh finis dengan urutan terdepan meski sempat keluar lintasan setelah motornya bersenggolan dengan tunggangan Marquez.

“Tikungan terakhir seperti ini selalu terjadi. Saya pikir saya telah bekerja dengan bagus. Saat Valentino [Rossi] melihat saya, dia membuat motor bersentuhan dan memotong tikungan. Kita lihat apa yang terjadi sekarang. Saya ingin kembali ke awal,” ujar Marquez, seperti dilansir Crash, Sabtu.

Kemenangan ini menyempurnakan pekan manis Rossi di Sirkuit Assen. Dia tidak hanya merebut pole position pertama musim ini tapi juga berhasil menguasai sesi latihan pertama dan ketiga.

“Ini sangat penting, saya telah berkompetisi sepanjang pekan. Kecepatan saya sangat kuat tapi Marquez berada di dekat saya. Saya berusaha memainkan semua kartu saya dan melakukan dengan kuat di dua lap terakhir. Setelah Marc [Marquez] mencoba masuk tapi saya telah berada di jalur balap dan harus memotong lintasan,” kata Rossi.

MotoGP Belanda kali ini sekaligus menghadirkan catatan rekor anyar bagi The Doctor. Rossi berhasil menjuarai balapan dari start terdepan untuk kali pertama sejak menaklukan Sirkuit Misano, San Marino, pada 2009 silam.

Dengan kemenangan ini Rossi mengukuhkan posisi sebagai pemuncak klasemen sementara. Pembalap berdarah Italia itu memimpin 10 poin atas rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, yang mengekor di urutan kedua setelah finis di podium ketiga. Lorenzo harus bekerja lebih keras di balapan selanjutnya jika ingin mengejar Rossi dalam perebutan gelar juara dunia musim ini.

“Ini adalah hasil yang bagus mengingat situasinya sulit. Saya membalap dengan luar biasa di lap pertama tapi kemudian saya menyadari tidak memiliki kecepatan. Saya harus berjuang supaya kecepatan tidak menurun. Tapi posisi ketiga sudah sangat bagus untuk perebutan juara [dunia],” tutur Lorenzo. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom