SOLOPOS.COM - Para pembalap MotoGP saat menggeber motor mereka di Grand Prix Australian di Sirkuit Phillip Island, 20 Oktober 2013. JIBI/REUTERS/Brandon Malone

Para pembalap MotoGP saat menggeber motor mereka di Grand Prix Australian di Sirkuit Phillip Island, 20 Oktober 2013. JIBI/REUTERS/Brandon Malone

Para pembalap MotoGP saat menggeber motor mereka di Grand Prix Australian di Sirkuit Phillip Island, 20 Oktober 2013.
JIBI/REUTERS/Brandon Malone

Solopos.com, LONDON – MotoGP akan menggelar uji coba pra-musim terbatas di Phillip Island di awal 2014. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya masalah ban yang terjadi pada balapan tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aspal di Sirkuit Phillip Island diperbarui pada akhir 2012 namun belum pernah dicoba dilintasi motor MotoGP hingga digebernya GP Australia pada 20 Oktober 2013. Dengan alasan keselamatan pembalap, pihak penyelenggara akhirnya memangkas jumlah lap dan menerapkan peraturan pergantian motor di pertengahan perlombaan.

Saat itu pemasok ban di MotoGP, Bridgestone, tidak menjamin ketahanan ban licin dalam lintasan baru di Phillip Island. Pergantian motor dilakukan untuk mengantisipasi degradasi ban yang begitu cepat karena suhu lintasan yang tinggi. Jumlah lap pun dikurangi dari 27 lap menjadi 19 lap.

Mengantisipasi agar tidak terulang kejadian yang sama, pihak penyelenggaran balap kuda besi ini mengatakan akan menyeleksi pembalap dari MotoGP dan pemasok ban kelas Moto2 Dunlop untuk melakukan uji coba di Phillip Island pada 3-5 Maret 2014.

Mengenai kejadian di Phillip Island tahun ini, kepala pengembangan ban motor Bridgestone, Shinji Aoki, mengatakan telah dilakukan uji coba ketahanan jarak tempuh ban di trek untuk menyelesaikan masalah degradasi ban.

“Semua orang di Bridgestone yakin jika kami melakukan uji coba dengan para pembalap pabrikan di Phillip Island pada awal tahun depan, kami bisa mengembangkan ban untuk sirkuit ini yang nantinya akan bertahan penuh selama balapan dengan jarak tempuh 27 lap,” ujar Aoki dilansir Eurosport, Kamis (14/11/2013).

“Ini akan menjadi tantangan besar bagi kami, namun kami akan melakukannya dengan sangat teliti,” imbuh Aoki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya