SOLOPOS.COM - Pembalap Yamaha MotoGP Valentino Rossi (tengah) merayakan kemenangannya di podium bersama pembalap CWM LCR Honda rider Cal Crutchlow (kanan) dan pembalap Ducati Andrea Dovizioso seusai balapan Argentina MotoGP Grand Prix di Termas de Rio Hondo International circuit . JIBI/Reuters/Marcos Brindicci

MotoGP Argentina 2015 disabet Valentino Rossi sebagai juara setelah menaklukkan Marc Marquez.

Solopos.com, SANTIAGO DEL ESTERO — Valentino Rossi menyayangkan terjatuhnya Marc Marquez saat mereka justru baru menjalani duel. Disebut pembalap berjuluk The Doctor itu, Marquez mengalami crash karena membuat kesalahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rossi memenangi MotoGP Argentina secara dramatis setelah mengalahkan Marquez. Meski memulai balapan di posisi delapan, pebalap Yamaha itu menunjukkan penampilan fenomenal untuk menyalip rider-rider di depannya dan kemudian bertarung dengan Marquez di posisi terdepan.

Ekspedisi Mudik 2024

Memanfaatkan keunggulan daya cengkram ban yang lebih baik, Rossi berhasil memepet dan kemudian menyalip Marquez ketika race tinggal menyisakan dua lap. Kedua rider itu kemudian terlibat senggolan di tikungan kelima.

Tapi klimaksnya adalah saat keduanya keluar dari tikungan tersebut. Marquez terlihat memaksakan diri meski sudah berada di belakang Rossi terjatuh setelah bersenggolan untuk kali kedua. Rider asal Spanyol itu tak mengalami cedera, tapi tak mampu melanjutkan perlombaan.

“Sayang sekali dia terjatuh, tapi menurut saya dia membuat kesalahan. Marc selalu membalap dengan mempertaruhkan segalanya,” sahut Rossi seusai balapan seperti dikutip detiksport dari Crash.

“Saat saya menyalipnya, dia bersenggolan dengan saya untuk kali pertama. Dan kemudian ketika berakselerasi saya tidak tahu pada bagian mana dia menyentuh motor saya untuk kali kedua, tapi dia mengalami kecelakaan. Itu disayangkan karena itu bisa saja menjadi pertarungan yang hebat,” lanjut Rossi.

Memulai balapan dari posisi delapan, Rossi menyalip Jorge Lorezo, Iannone, Andrea Dovizioso, Carl Cruthlow, dan Aleix Espergaro untuk bisa bertengger di posisi dua. Rossi yang pada awalnya tertinggal empat detik lebih mulai bisa merapatkan jarak ketika race menyisakan 12 putaran (dari total 25 lap).

Saat balapan masuk lap 17 lap jarak Rossi dengan Marquez menjadi 2,4 detik, dan berkurang menjadi 1,6 detik di lap 19. Rossi mulai benar-benar membayangi Marquez di lap 21, di mana jarak keduanya tinggal 0,6 detik.

Di lap 23 (dari total 25) Rossi mulai berupaya menyalip, tapi usaha pertamanya itu gagal. Posisi terdepan didapat Rossi di lap 23, yang dibarengi dengan terjatuhnya Marquez, dan sukses dipertahankan sampai race tuntas. (JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya