Balapan Moto GP 2019 seri ketujuh di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (16/6/2019) malam WIB. (Twitter-@MotoGP)

Solopos.com, BARCELONA — Balapan Moto GP 2019 seri ketujuh di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu (16/6/2019) malam WIB, berlangsung cukup seru. Sejumlah drama bahkan terjadi di awal-awal balapan.

Andrea Dovizioso yang memulai balapan dari tempat kelima langsug melesat saat lampu hijau menyala. Pembalap asal Italia itu bahkan langsung menyalip empat pembalap di depannya sehingga mampu memimpin balapan. Sementara itu, Fabio Quartararo yang start dari grid pertama harus melorot ke posisi kelima.

Kekacauan terjadi saat balapan baru memasuki putaran kedua. Berawal dari jatuhnya Jorge Lorenzo, tiga pembalap, yakni Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi saling bersenggolan dan jatuh hampir bersamaan sehingga tak mampu melanjutkan balapan.

Seusai kekacauan di lap kedua itu, Marc Marquez dengan longgar memimpin balapan. Di lap keenam, jarak Marquez dengan Danilo Petrucci di urutan kedua bahkan mencapai 3,4 detik. Marquez terus dibuntuti Danilo Petrucci di tempat kedua dan Alex Rins di posisi ketiga.

Saat Marquez sudah menjauh dengan jarak hampir empat detik dari pembalap di belakangnya, pertarungan sengit justru terjadi dalam perebutan posisi kedua antara Danilo Petrucci dan Alex Rins. Kedua pembalap tersebut saling salip saat balapan tersisa 14 putaran, namun posisi kedua berhasil dipertahankan Andrea Dovizioso.

Di putaran ke-13, Marc Marquez semakin jauh untuk dikejar. Pembalap asal Spanyol tersebut memperlebar jarak menjadi lebih dari lima detik saat balapan tersisa 11 putaran.

Saat Marquez semakin bebas, Alex Rins berhasil menikung Danilo Petrucci untuk merebut posisi kedua pada putaran ke-13. Sebelum menyalip, kuda besi tunggangan Alex Rins sempat menyenggol badan Danilo Petrucci.

Di putaran ke-17, Alex Rins kehilangan keseimbangan dan sempat keluar dari lintasan setelah hampir bersenggolan dengan Danilo Petrucci. Kesalahan itu membuat Alex Rins harus melorot ke posisi ketujuh. Sementara itu, posisi kedua berhasil dicuri Fabio Quartarao.

Drama belum berakhir saat balapan tersisa enam putaran. Carl Crutchlow yang berada di posisi kelima tiba-tiba keluar lintasan dan terjatuh sehingga tak mampu kembali memacu kuda besinya.

Hingga balapan berakhir, tak ada pembalap yang mampu mendekati Marc Marquez. Pembalap yang dijuluki sebagai Bayi Alien itu menang di Moto GP 2019 seri ketujuh di Sirkuit Catalunya disusul Fabio Quartararo di peringkat kedua dan Danilo Petrucci di tempat ketiga. Hasil itu membuat posisi Marc Marquez kian kukuh di puncak klasemen sementara Moto GP 2019 dengan koleksi 135 poin.

Posisi start:
1. Fabio Quartararo
2. Marc Marquez
3. Franco Morbidelli
4. Valentino Rossi
5. Andrea Dovizioso
6. Maverick Vinales
7. Danilo Petruci
8. Alex Rins
9. Carl Crutchlow
10. Jorge Lorenzo

Hasil akhir:
1. Marc Marque
2. Fabio Quartararoz
3. Danilo Petruci
4. Alex Rins
5. Jack Miller
6. Joan Mir
7. Pol Espargaro
8. Nakagami
9. Rabat
10. Zarco


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten