SOLOPOS.COM - Valentino Rossi (Crash.net)

Motogp 2017 menyajikan balapan ketat di Belanda.

Solopos.com, ASSEN – Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, berhasil menjadi juara di seri kedelapan Motogp 2017 di Belanda. Rossi mengungguli Danilo Petrucci dan Marc Marquez.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (25/6/2017)malam WIB, Johann Zarco yang start terdepan langsung tancap gas diikuti oleh Marc Marquez. Sementara Valentino Rossi berhasil menyalip Danilo Petrucci untuk menempati posisi ketiga sesaat setelah start.

Posisi Zarco, Marquez, Rossi, dan Petrucci ini terus bertahan hingga lap kelima. Sementara persaingan ketat terjadi dalam perebutan posisi kelima. Scott Redding, Alvaro Bautista, Andrea Dovizioso, dan Andrea Iannone memiliki jarak yang amat tipis.

Saat memasuki lap kelima, Iannone berhasil menyalip Bautista dan Dovizioso untuk berada di posisi keenam di belakang Redding. Sementara itu, Maverick Vinales mampu menduduki posisi kesembilan, setelah start dari posisi ke-11.

Memasuki putaran kedelapan, para pembalap tersepan masih belum tergantikan yakni Zarco diikuti Marquez dan Rossi. Sedangkan Vinales sudah berada di posisi keenam menyalip Bautista dam Dovizioso.

Saat balapan menyisakan 16 putaran lagi, Rossi berhasil menyalip Marquez untuk menduduki posisi kedua. Bahkan satu putaran kemudian, ia sudah bisa menjadi pembalap terdepan dengan menikung Zarco. Setelah melewati beberapa tikungan, Rossi dan Zarco sempat bersenggolan.

Hal itu membuat Zarco sedikit melebar dan bisa dilewati Marquez dan Petrucci. Zarco pun harus puas di posisi keempat. Sementara itu, dua putaran kemudian, Vinales justru terjatuh. Padahal dia sudah bisa menembus posisi kelima.

Pada putaran ke-15, Petrucci berhasil menyalip Marque untuk menduduki poisisi kedua. Posisi pertama masih dikuasai Rossi. Sementara Zarco tetap menguntit di posisi keempat.

Saat balapan tinggal sembilan putaran lagi, hujan turun. Hal itu membuat sejumlah pembalap memilih untuk mengganti motornya dengan menggunakan ban yang disesuaikan dengan cuaca hujan. Namun untuk deretan pembalap terdepan, mereka tetap lanjut.

Karena tak menggunakan ban basah, Rossi, Petrucci, Dovi dan Marquez yang berada di depan, kecepatannya mulai menurun. Namun, persaingan kian ketat. Dovi dan Petrucci yang berada di posisi kedua dan ketiga saling salip dalam beberapa putaran terakhir.

Hingga akhirnya, Rossi dan Petrucci yang berada di posisi dua besar bisa meninggalkan Dovizioso dan Marquez. Rossi dan Petrucci pun bersaing ketat hingga akhir, namun The Doctor lah yang menyentuh garis finis untuk kali pertama.

Kemenangan ini menjadi yang ke-10 bagi Rossi di Sirkuit Assen Belanda. kemenangan ini juga membuat posisinya di klasemen naik.

Berikut hasil 10 besar GP Belanda:
1. Valentino Rossi 41 menit 41.149 detik
2. Danilo Petrucci +0.063 detik
3. Marc Marquez +5.201
4. Cal Crutchlow +5.243
5. Andrea Dovizioso +5.327
6. Jack Miller +23.390
7. Kariel Abraham +36.982
8. Loris Baz +37.058
9. Andrea Iannone +37.166
10. Aleix Espagaro + 1:01.929

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya