SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MotoGP 2017 kemungkinan akan menorehkan sejarah untuk Indonesia. Sebab, dukungan untuk Indonesia menjadi tuan rumah kiat kuat.

Solopos.com, JAKARTA— Peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah Motogp di musim 2017 semakin kuat. Hal ini setelah pemerintah Indonesia dikabarkan sudah mengontak desainer khusus sirkuit balap, Hermann Tilke, plus desainer trek, Jarno Zafarelli.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun demikian, belum pasti apakah Indonesia akan membuat sirkuit baru atau kembali menggunakan Sentul untuk dijadikan tempat adu kebut para pembalap motor terbaik di dunia ini. Meskipun demikian, rencana ini tengah digodok termasuk menghitung soal berapa dana yang mesti dikeluarkan untuk menyuguhkan sirkuit balap kelas dunia.

Dilansir Speed Week, Minggu (26/7/2015), Dorna selaku penyelenggara Motogp sepakat menjajaki kemungkinan besar membawa balapan kelas premier ke Jakarta. Terlebih Indonesia merupakan negara dengan fans Motogp terbanyak.

Selain itu, dua tim pabrikan terbesar, yakni Honda dan Yamaha, juga memiliki pasar terbesar di sini. Begitu pula dengan sejumlah brand dan sponsor yang menginginkan Motogp diperluas di Asia khususnya Asia Tenggara.

“Anda tinggal menunggu proposal serta gambaran layout dan infrastruktur lain. Jika kami menerima pengajuan itu, kemungkinan pembangunan bisa dimulai di akhir musim 2015. Kita akan melanjutkannya sepanjang musim 2016,” ujar bos Dorna, Carmelo Ezpeleta.
Akan tetapi, persoalan sirkuit ini bukan perkara mudah. Seandainya mesti membangun trek baru, Indonesia tak punya cukup waktu karena balapan itu direncanakan digelar 2017. Menurut rencana, sirkuit anyar itu bakal dibangun di dekat ibu kota, Jakarta.

Pilihan paling realistis adalan merenovasi Sentul International Circuit yang terletak di Bogor, Jawa Barat. Tak main-main pemerintah kabarnya sudah berkonsultasi dengan Zafarelli yang baru saja merampungkan perbaikan Las Termas di Argentina.

Sentul memang pernah menjadi tuan rumah balapan kelas 500 cc di musim 1996 dan 1997. Sebenarnya, trek ini juga digadang-gadang akan menggelar ajang World Superbike (WSBK) di musim 2013. Sayang, rencana itu gagal total. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Para pembalap motogp sedang memacu kendaraan mereka melintas sirkuit. Ist/liputan6

Para pembalap motogp sedang memacu kendaraan mereka melintas sirkuit. Ist/liputan6

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya