SOLOPOS.COM - Jack Miller (Motogp.com)

Motogp 2016 memasuki seri kedelapan di Assebm Belanda.

Solopos.com, ASSEN – Pembalap Marc VDS Racing, Jack Miller, berhasil keluar menjadi juara seri kedelapan Motogp 2016 di Assen, Belanda. Miller mengungguli Mar Marquez yang harus puas di posisi kedua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Asssen, Belanda, Minggu (26/6/2016) malam WIB, Rossi yang start dari posisi kedua langsung menyodok ke posisi pertama mengungguli Dovizioso. Di posisi ketiga ada Aleix Espagaro, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo.

Tak lama berselang Yonny Hernandez yang start dari posisi keenam bisa merebut ke posisi kelima. Mengejutkannya lagi, Andrea Iannone bisa menyodok ke posisi ketujuh padahal dia start dari posisi paling buncit.

Sejumlah pembalap memang memacu motornya dengan hati-hati. Hal itu lantaran hujan deras yang mengguyur sirkuit. Jalanan menjadi basah dan licin, sehingga para pembalap tak memacu motor dengan cepat.

Di lap kedua, Hernandez mampu melewati Dovizioso dan Rossi untuk memimpin balapan. Di posisi lain, Petrucci melewati Marquez di lap ketiga. Marquez kembali harus turun peringkat di lap berikutnya setelah Iannone melewatinya.

Cuaca mulai mendukung beberapa lap kemudian. Namun itu tak berselang lama, karena justru hujan deras kembali mewarbai balapan. Pada lap ke-11 pun Hernandez yang memimpin balapan harus keluar lintasan. Beruntung dia bisa melanjutkan balapan dengan mengganti motor.

Dengan betiu, Dovizioso berada di psosisi pertama diikuti Rossi Petrucci, Iannone, Redding. Tak lama berselang, Iannone terjatuh dan harus out. Kemudian di lap ke-13, Petrucci mampu menyalip The Doctor.

Balapan pun harus dihentikan di lap ke-15 karena hujan terlalu lebat. Race direction pun memtuskan untuk mengibarkan bendera merah. Di situasi ini Dovizioso masih memimpin balapan diikuti Petrucci, Rossi, dan Redding.

Balapan dimulai kembali setelah hujan reda. Sirkuit pun mulai mengering. Restart dimulai dan akan menghabiskan 12 putaran sisa. Dovizioso berada di posisi paling depan diikuti Petrucci dan Rossi sesuai dengan posisi saat berhentinya balapan.

Tak lama setelah start kedua, Rossi mampu mengambil posisi pertama diikuti Dovizioso dan Marquez. Sementara itu Dani Pedrosa terjatuh di barisan belakang.

Saat balapan menyisakan 11 lap lagi, Dovizioso terjatuh. Dan tak lama kemudian Rossi juga tergelincir. Padahal The Doctor tengah memimpin balapan dengan jarak yang cukup jauh dengan Marquez.

Marquez un menduduki posis pertama diikuti dengan Miller. Namun saat balapan menyisakan sembilan putaran lagi, Miller mampu menyalip Marquez. Pembalap 21 tahun itu terus mempertahankan posisinya dan merebut kemenangan di Motogp 2016 Belanda.

Hal ini membuat Marquez tetap memimpin klasemen pembalap. Tambahan 20 poin membuat Marquez mengumpulkan 145 poin. Sementara Jorge Lorenzo yang finis di posisi ke-10 mengumpulkan 121 poin, dan Rossi yang tak mendapat poin di GP Belanda harus puas di posisi ketiga dengan 103 poin.

Berikut 10 besar hasil GP Belanda 2016
1. J. Miller 22:17.447
2. M. Marquez +1.991
3. S. Redding +5.906
4. P. Espagaro +9.812
5. A. Iannone +17.835
6. H. Barbera +18.692
7. E. Laverty +22.605
8. S. Bradl +23.603
9. M. Vinales +26.148
10. J. Lorenzo +27.604

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya