SOLOPOS.COM - Para pembalap MotoGP 2015 sedang berpacu dalam sebuah balapan. Ist/dok

Motogp 2016 memasuki periode sibuk.

Solopos.com, SOLO – Ajang balapan Motogp 2016 memasuki periode sibuk tiga pekan ke depan. Tiga sirkuit berturut-turut mesti diarungi Valentino Rossi dkk di pengujung musim balapan kuda besi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak hanya menuntut kekuatan mesin dan fisik pembalap, periode sibuk itu membuat Michelin harus menyiapkan 4.000 ban untuk balapan di Jepang, Australia dan Malaysia. Ini kali pertama bagi produsen ban asal Prancis menyediakan ban sebegitu banyak pada musim ini.

Ujian pertama akan hinggap di Sirkuit Motegi Jepang, Minggu (16/10/2016). Di sirkuit ini, pembalap Honda Marc Marquez berkesempatan merengkuh gelar juara asal dia memenangi lomba dan saingannya Rossi hanya berada di posisi 15 atau tidak mendapat poin. Kampanye Motogp selanjutnya berlangsung di Sirkuit Phillip Island Australia tujuh hari berselang. Periode sibuk berakhir di Sirkuit Sepang Malaysia 30 Oktober.

Manajer Logistik Michelin, Piero Taramasso, mengatakan Michelin mendapat tugas logistik besar tiga pekan ke depan. Pihaknya membutuhkan lebih dari 4.000 ban untuk tiga balapan. “Untuk itu kami harus mengirim sejumlah ban melalui laut dan sisanya lewat udara ke masing-masing sirkuit,” ujar Taramasso seperti dilansir Gpone.com, Selasa (11/10/2016).

Untuk balapan di Motegi, Michelin menyiapkan tiga jenis ban depan serta dua jenis ban belakang. Ban slick depan terdiri dari soft,medium dan hard sedangkan ban slick belakang hanya soft dan medium. Tamarasso mengatakan Motegi merupakan sirkuit yang sangat teknis dengan tingkat kekasaran permukaan sedang sehingga membuat daya cengkeram ban cukup bagus.

“Sirkuit memiliki zona pengereman dan akselerasi yang menghasilkan tekanan intens pada bagian tengah ban. Untuk menghadapi ini, kami mengambil tipe ban yang dapat menghadapi kebutuhan pengereman berat,” lanjutnya.

Tammaraso menyebut uji coba sebelum lomba akan dimanfaatkan untuk penyesuaian setelan ban. Pihaknya akan bekerja dengan detail bersama pembalap dan pabrikan untuk memastikan keandalan ban. “Kami harus memastikan yang terbaik untuk akhir pekan nanti,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya