SOLOPOS.COM - Marc Marquez memastikan gelar juara dunia Motogp 2016 setelah memenangi GP Motegi, Jepang, Minggu (16/10/2016). (Istimewa/@motogp)

Motogp 2016 diwarnai dengan Marc Marquez menjadi juara dunia.

Solopos.com, MOTEGI – Marc Marquez memastikan diri sebagai juara dunia Motogp 2016 saat berlaga di GP Jepang atau seri ke-15. Itu artinya Marquez memastikan gelar juara dunia saat balapan masih menyisakan tiga balapan lagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Marquez memastikan diri sebagai juara dunia usai mememangi GP Jepang, Minggu (16/10/2016). Sementara dua pesaingnya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, justru terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan. Marquez pun mengoleksi 273 poin dan tak mungkin lagi dikejar Rossi (196 poin) dan Lorenzo (182 poin) di tiga balapan sia.

Ternyata, juara di Jepang atau menyisakan tiga seri pernah dilakukan Marquez pada musim 2014 lalu. Sebelumnya, Casey Stoner dan Valentino Rossi pun pernah melakukan hal yang sama.

Berikut catatan pembalap yang pernah juara di Jepang pada kelas Motogp seperti dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber:

Casey Stoner (2007)

Stoner bersama Ducati tampil kompetitif di musim ini. Dia sudah memenangi tiga dari empat balapan di awal musim. Hal ini juga cukup mengejutkan mengingat ini adalah musim keduanya di kelas Motogp, setelah sebelumnya membalap untuk Repsol Honda.

Seperti yang sudah-sudah, GP Jepang menjadi seri ke-15 dari 18 seri yang dilombakan. Jelang balapan di Motegi itu, Stoner sudah mencatatkan delapan kemenangan. Dia unggul jauh dari dua pesaing utamanya, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa.

Stoner memastikan juara dunia setelah finis di posisi keenam GP Jepang 2007. Hal itu tak terlepas hasil buruk yang diderita Rossi dan Pedrosa. The Doctor hanya mampu finis ke-13 dan Pedrosa mengalami crash dan tak melanjutkan balapan.

Valentino Rossi (2008)

Rossi berhasil mengulangi catatan apik Stoner di musim sebelumnya. The Doctor mampu mengunci juara dunia Motogp 2008 di Jepang atau seri ke-15. Dia pun mengungguli Stoner yang sebelumnya mampu meraih juara dunia.

Di musim ini, Rossi dan Stoner memang bersaing ketat. Namun Rossi lebih konsisten. The Doctor yang membela Yamaha mampu memenangi balapan di Jepang dan mengunci gelar juara dunia. Sementara Stoner finis di urutan kedua.

Sepanjang musim, Rossi berhasil mencatatkan sembilan kemenangan, termasuk lima kemenangan beruntun di Amerika Serikat, Republik Ceko, San Marino, Indianapolis, dan Jepang. Pada klasemen akhir musim, Rossi mengumpulkan 373 poin, mengalahkan Stoner yang berada di urutan kedua dengan 280 poin.

Marc Marquez (2014)

Sebelum juara di Jepang pada musim 2016 ini, Marquez juga pernah melakukannya dua tahun lalu. Saat itu, Marquez meraih titel keduanya di kelas Motogp. Penampilan Marquez di musim 2014 memang terlihat spesial.

Bagaimana tidak, pembalap Repsol Honda itu mencatatkan 10 kemenangan beruntun di awal musim. Hal itu yang membuat dia menjadi kandidat utama juara meski musim baru dimulai. Juara dunia yang sudah ditunggu-tunggu pun akhirnya tiba di GP Jepang.

Marquez finis di posisi kedua kala itu, namun cukup baginya mengunci gelar juara dunia. Total 13 kemenangan didapat oleh pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut. Dia mengoleksi 362 poin mengungguli Rossi dengan 295 poin dan Lorenzo 263 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya