SOLOPOS.COM - Marc Marquez (REUTERS)

Motogp 2016 diwarnai dengan Marc Marquez menjadi juara.

Solopos.com, MELBOURNE – Marc Marquez telah menasbihkan diri sebagai juara Motogp 2016. Rider Repsol Honda itu kemudian mengungkapkan salah satu elemen yang membuat dia bisa membalap dengan cepat.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Marquez memastikan kemenangan di GP Jepang, pekan lalu. Saat itu dia berhasil finis pertama, sedangkan dua rivalnya, Valentino Rsossi dan Jorge Lorenzo, terjatuh dan tak melanjutkan balapan. Hal itu membuat Marquez mengumpulkan 273 poin dan tak mungkin lagi dikejar oleh Rossi dan Lorenzo di tiga balapan sisa.

Terlepas dari kemenangan di Jepang, performa Marquez di Motogp 2016 memang gemilang. Dia menjadi rider yang selalu mendulang poin di setiap balapan hingga seri ke-15 kemarin. Dia pun lantas mengungkapkan salah satu pendukung performa gemilangnya.

Penggunaan winglet pada motor disebut Marquez sebagai salah satu pendukung untuk dia membalap dengan cepat. Penggunaan winglet ini memang sudah mencuat sejak musim lalu. Namun mulai musim depan, winglet dilarang digunakan.

Meski menjadi sebuah langkah besar, penggunaan winglet tetap menuai kontroversi. Komponen yang juga identik disebut sayap ini dianggap cukup berbahaya apabila pembalap terjatuh. Winglet berpotensi mengenai pembalap lain apabila bersenggolan.

“[Penggunaan winglet] jadi salah satu langkah besar, tapi saya tahu itu tidak akan digunakan tahun depan,” kata Marquez, seperti dikutip dari Autosport, Kamis (20/10/2016).

“Winglet menjadi sesuatu yang membuat saya bisa tekanan kepada tim, meminta mereka menemukan winglet yang bagus karena saya pikir itu bisa mengatasi masalah akselerasi pada motor,” lanjutnya.

“Di Brno, mereka memberikan saya saya winglet besar untuk dicoba dan setelah balapan itu kami menjadi semakin baik dan baik,” tutup juara dunia tiga kali Motogp ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya