SOLOPOS.COM - Johann Zarco. (Motogp.com)

Motogp 2016 diwarnai dengan bursa pembalap yang ramai.

Solopos.com, SOLO – Kejuaraan Motogp 2016 memang belum usai, tapi bursa pembalap sudah jauh hari diperbincangkan. Ada pembalap yang harus mengakhiri petualangan di kelas premier musim depan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di sisi lain, Motogp musim depan bakal disesaki beberapa pembalap muda yang naik kelas dari Moto 2. Dilansir Motogp.com, Selasa (2/8/2016), hingga kini tercatat satu pembalap yang memutuskan hengkang dari Motogp, yakni Stefan Bradl. Pembalap Aprilia Racing ini memilih mengikuti jejak juara dunia 2006 Nicky Hayden yang lebih dulu terjun ke ajang World Superbike (WSBK).

Pembalap asal Jerman itu akan pergi di akhir musim 2016 setelah lima musim malang-melintang di kelas premier. Keputusan ini dibuat Bradl lantaran gagal menemukan kata sepakat dengan Avintia Ducati.

Ekspedisi Mudik 2024

Di WSBK ia akan membela Honda Ten Kate bersama Hayden. Ia menggantikan kursi yang ditinggalkan pembalap Belanda Michael van der Mark yang pindah ke Pata Yamaha.

“Saya sangat senang bisa bergabung dengan tim WSBK Honda untuk musim 2017. Ini kesempatan yang bagus bagi saya. Saya tak sabar menanti tantangan baru dengan tim yang kompetitif ini,” papar Bradl, dilansir Motorsport.

Sementara itu, tercatat empat pembalap Moto 2 yang bakal naik kelas ke Moto GP. Mereka adalah Alex Rins, Sam Lowes, Jonas Folger, dan Johann Zarco. Alex Rins yang kini membela Paginas Amarillas HP 40 akan bergabung dengan tim pabrikan Jepang, Suzuki.

Ia bakal berduet dengan Andrea Iannone yang meninggalkan Ducati. Pembalap Spanyol ini cukup menjanjikan mengingat kini bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Moto 2 2016.

“Alex Rins adalah pembalap muda yang sudah membuktikan berapa banyak talenta yang ia miliki. Ia selalu bersaing untuk mendapatkan posisi teratas dalam setiap kelas balap yang diikuti. Ini membuatnya menjadi pembalap masa depan,” papar manajer Suzuki, Davide Brivio.

Sedangkan Sam Lowes akan debut bersama Aprilia Racing. Pembalap Gresini ini juga masuk klasemen tiga besar Moto 2 2016. Ia akan berpartner dengan Aleix Espargaro yang hengkang dari Suzuki. Ia merupakan juara Supersport World Championship 2013 sebelum berlabuh ke Moto 2.

Pemuncak klasemen sementara Moto 2, Johann Zarco, akhirnya naik kelas ke Motogp musim depan setelah sempat digadang-gadang pindah ke kelas premier musim ini. Zarco resmi digaet tim satelit Yamaha, Yamaha Tech 3. Ia akan berduet dengan rivalnya di Moto 2, Jonas Folger.

Di sisi lain, Motogp 2017 makin ramai degan bergabungnya KTM. Selama ini tim asal Austria ini malang melintang di ajang Moto 3. Mulai musim depan mereka bakal menjajal peruntungan dengan diperkuat dua pembalap berpengalaman, Pol Espargaro dan Bradley Simth.

Pembalap yang Keluar Motogp

Pembalap – Tim – Ajang Baru

Stefan Bradl – Aprilia Racing – World Superbike

Pembalap yang Masuk Motogp

Pembalap – Ajang – Tim Motogp

Alex Rins – Moto 2 – Suzuki

Sam Lowes – Moto 2 – Aprilia Racing

Jonas Folger  – Moto 2 – Yamaha Tech 3

Johann Zarco – Moto 2 – Yamaha Tech 3

Pembalap yang Pindah Tim

Pembalap – Tim Lama – Tim Baru

Jorge Lorenzo – Yamaha – Ducati



Maverick Vinales – Suzuki – Yamaha

Andrea Iannone – Ducati – Suzuki

Aleix Espargaro – Suzuki – Aprilia Racing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya