SOLOPOS.COM - Duo pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan dani Pedrosa ini harus saling membantu untuk menyaingi duo pembalap Yamaha. Ist/gpone.com

Motogp 2016 telah selesai diselenggarakan.

Solopos.com, VALENCIA – GP Valencia menutup gelaran Motogp 2016. Selain Marc Marquez yang menjadi juara dunia, masih ada penghargaan untuk konstruktor dan tim. Honda memastikan juara dunia konstruktor, sedangkan Yamaha Movistar menjadi juara dunia tim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Crash.net, Senin (14/11/2016) Honda menjadi yang terbaik di sektor konstruktor setelah mengoleksi 369 poin dari 18 seri. Mereka mengalahkan Yamaha yang berada di posisi kedua dengan perolehan 353 poin. Penghitungan poin untuk konstruktor ini berdasarkan akumulasi pembalap dengan poin tertinggi di satu balapan.

Honda sendiri memiliki tiga pembalap yakni Marquez dan Dani Pedrosa di tim Repsol Honda, serta Cal Crutchlow di tim LCR Honda. Poin untuk konstruktor akan diambil dari salah satu dari ketiganya (dipilih yang terbaik) dalam satu balapan. Marquez yang lebih sering menang dan naik podium, menjadi penyumbang poin terbanyak Honda.

Di kubu Yamaha sendiri, mereka memiliki empat pembalap. Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di tim Yamaha Movistar, sedangkan Bradley Smith dan Pol Espagaro berada di yim Monster Yamaha Tech 3. Sumbangan terbanyak tim Gapu Tala ini tentu diberikan oleh Lorenzo dan Rossi.

Sementara itu, juara dunia tim direbut oleh Movistar Yamah. Hal itu tak terlepas dari Rossi dan Lorenzo yang mengakhiri musim sebagai runner up dan juara ketiga Motogp 2016. Total, Yamaha Movistar meraih 482 poin.

Perhitungan poin untuk tim di Motogp lebih simpel ketimbang konstruktor. Poin tim merupakan jumlah poin yang dikoleksi oleh dua pembalapnya. Rossi total mengumpulkan 249 poin, sementara Lorenzo mengumpulkan 233 poin. Oleh karena itu, Yamaha Movistar mendapat 482 poin.

Di posisi kedua tim ada Repsol Honda. Marquez dan rekannya Dani Pedrosa total mengumpulkan poin 453. Marquez mengakhir musim sebagai juara dunia dengan 298 poin, dan Pedrosa di posisi keenam dengan 155 poin. Pedrosa sendiri memang tak menyumbang banyak poin karena absen di tiga seri akibat cedera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya