Tutup Iklan

MOTOGP 2015 : Tertinggal dari Yamaha, Tim Honda Berpikir Positif

MOTOGP 2015 : Tertinggal dari Yamaha, Tim Honda Berpikir Positif

SOLOPOS.COM -

MotoGP 2015 telah berjalan lima seri. Namun tim Honda masih tertinggal dari saingan utamanya, Yamaha.

Solopos.com, LE MANS— Honda harus bergerak cepat jika tak mau semakin terpuruk di musim ini. Lima seri sudah berlalu, tapi tim pabrikan MotoGP asal Jepang ini baru bisa memetik satu kemenangan. Bahkan, mereka terjebak di peringkat ketiga klasemen tim di bawah Yamaha dan Ducati.

Berbeda dengan musim lalu saat Marc Marquez mendominasi paruh musim pertama, kini juara dunia 2014 baru meraih satu podium utama. Ia terjebak di urutan keempat klasemen sementara di bawah Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Andrea Dovizioso. Sedangkan nasib Dani Pedrosa lebih buruk. Ia terpaksa absen tiga seri dan terperosok di peringkat ke-15.

Seri kelima MotoGP di GP Prancis, Sirkuit Le Mans, Minggu (17/5/2015), seharusnya menjadi momentum bagus untuk kedua pembalap. Sayang, Marquez gagal naik podium dengan finis keempat, sedangkan Pedrosa yang comeback dari cedera sempat terjatuh lalu mesti gigit jari karena berada di tempat ke-16.

Hasil ini jelas bukan pertanda bagus bagi tim juara dunia tersebut. Honda mesti segera mencari solusi terbaik agar tak terus tertinggal dari rival-rival mereka seperti di Le Mans.

“Marc paling cepat saat pemanasan dan mampu merebut pole position. Sayang, tingginya suhu udara membuat penampilannya memburuk. Sedangkan Dani, kami tak punya target untuknya karena ini sebagai tes fisik setelah ia kembali dari operasi,” papar Direktur Olahraga Honda, Livio Suppo, dilansir Speed Week, Kamis (21/5/2015).

Meskipun demikian, Suppo mengambil sisi positif soal kondisi lengan Dani yang makin membaik. Begitu pula dengan Marquez yang mampu melewati balapan sulit tersebut. Satu-satunya hal negatif di seri ini adalah tingginya suhu udara yang berdampak pada kinerja mesin motor.

“Sulit dimengerti mengapa Marc tak bisa meraih hasil serupa seperti ketika sesi pemanasan. Dani juga disayangkan karena terjatuh. Padahal tujuannya adalah mengetes kondisi lengan setelah membalap,” imbuhnya.

Meskipun gagal meraih kemenangan dan meleset dari podium, Marquez mencoba mengambil hikmah dari kejadian tak mengenakkan di Le Mans. Termasuk ia memperoleh 13 poin setelah berakhir di urutan keempat.

“Posisi keempat sangat positif untuk situasi ini. Kami mendapat 13 poin dan ini sangat penting,” jelas Marquez. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Andalan tim Honda Marc Marquez sejauh ini belum menunjukkan performa maksimal. Ist/motosport.com

Andalan tim Honda Marc Marquez sejauh ini belum menunjukkan performa maksimal. Ist/motosport.com

Berita Terkait

Berita Terkini

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.

Wisata Kedungombo Dibuka Lagi, Terapkan Prokes Ketat

Seiring selesainya proses pencarian korban perahu terbalik, kemudian wisata Kedungombo dibuka kembali.