SOLOPOS.COM - Valentino Rossi (JIBI/Dok)

Motopg 2015 memasuki seri terakhir yang bakal berlangsung di Valencia.

Solopos.com, SOLO – Valentino Rossi masih berpeluang untuk merengkuh gelar juara dunia Motogp 2015. Saat ini dia unggul tujuh poin dari rival utamanya dalam perebutan gelar, Jorge Lorenzo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun peluang Rossi itu terasa sulit karena di seri pamungkas dia harus start dari posisi paling belakang menyusul insiden di Motogp Malaysia 2015. Oleh karena itu dia sangat bergantun dengan hasil yang didapat Lorenzo jika ingin meraih juara dunia.

Selain itu Rossi tak bisa mengandalkan poin sama. Apabila poinnya sama dengan Lorenzo, maka rider Spanyol itu lah yang berhak menjadi juara dunia. Pasalnya Lorenzo lebih banyak meraih podium utama dibanding Rossi yakni enam berbanding empat.

Meski begitu, secara matematis Rossi masih berpeluang untuk merengkuh gelar juara dunianya yang ke-10. Berikut skenario Rossi jadi juara dunia di Valencia, seperti dilansir Detik.com, Rabu (28/10/2015):

Lorenzo finis pertama

-Rossi jadi juara dunia jika finis sebagai runner up

Lorenzo finis kedua

– Rossi jadi juara dunia jika finis ketiga atau pertama.

– Jika Rossi finis di posisi empat maka keduanya akan punya nilai sama. Tapi Lorenzo yang jadi juara dunia karena punya kemenangan seri lebih banyak.

Lorenzo finis ketiga

– Rossi akan jadi juara dunia jika dia finis di posisi enam atau lebih baik lagi.

– Jika Rossi finis di urutan tujuh dia akan menyamai poin Lorenzo. Tapi Lorenzo yang jadi juara dunia karena punya kemenangan seri lebih banyak.

Lorenzo finis keempat

– Rossi akan jadi juara dunia jika dia finis di urutan ke-9 atau lebih baik lagi.

– Jika Rossi finis di urutan ke-10 dia akan menyamai poin Lorenzo. Tapi Lorenzo yang jadi juara dunia karena punya kemenangan seri lebih banyak.

Lorenzo finis kelima

– Rossi akan jadi juara dunia andai dia finis di posisi ke-11 atau lebih baik.

– Jika Rossi finis di urutan ke-11 dia akan menyamai poin Lorenzo. Tapi Lorenzo yang jadi juara dunia karena punya kemenangan seri lebih banyak.

Lorenzo finis keenam

– Rossi akan jadi juara dunia andai dia finis di posisi ke-12 atau lebih baik.

– Jika Rossi finis di urutan ke-13 dia akan menyamai poin Lorenzo. Tapi Lorenzo yang jadi juara dunia karena punya kemenangan seri lebih banyak.

Lorenzo finis ketujuh

– Rossi akan jadi juara dunia andai dia finis di posisi ke-13 atau lebih baik.



– Jika Rossi finis di urutan ke-14 dia akan menyamai poin Lorenzo. Tapi Lorenzo yang jadi juara dunia karena punya kemenangan seri lebih banyak.

Lorenzo finis kedelapan

– Rossi akan jadi juara dunia andai dia finis di posisi ke-14 atau lebih baik.

– Jika Rossi finis di urutan ke-15 dia akan menyamai poin Lorenzo. Tapi Lorenzo yang jadi juara dunia karena punya kemenangan seri lebih banyak.

Lorenzo finis kesembilan

– Rossi akan jadi juara dunia andai dia finis di posisi ke-15 atau lebih baik.

– Jika Rossi finis tanpa mendapat poin maka nilai kedua pebalap sama. Tapi Lorenzo yang jadi juara dunia karena punya kemenangan seri lebih banyak.

Lorenzo finis kesepuluh atau lebih buruk

– Rossi akan jadi juara dunia di posisi berapapun dia menuntaskan balapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya