SOLOPOS.COM - Honda RC213V-S (asphaltandrubber)

MOTOGP 2015 dipenuhi motor supercepat. Bagi Anda yang ingin memiliki motor dengan spesifikasi standar balap dunia itu dapat membelinya seharga Rp2,1 miliar.

Solopos.com, TOKYO – Tunggangan Marc Marques pada MotoGP 2015, Honda RC213V rupanya hadir dalam versi komersil. Dengan spesifikasi yang hampir sama, motor super itu dibanderol seharga Rp2,1 miliar.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Kabar baik bagi pencinta motor balap datang dari Honda Race Corporation (HRC). Setelah sebelumnya HRC memajang tunggangan Dani Pedrosa dan Marc Marquez selama MotoGP 2015 di Milan, Italia tahun lalu.

Kini mereka memastikan akan memproduksi Honda RC213V itu dalam jumlah banyak untuk kepentingan komersil.

Dikutip Solopos.com dari The Asahi Shimbun, Kamis (8/1/2015), Honda menyatakan sudah memproduksi motor balap tim Repsol Honda di MotoGP 2015 itu untuk keperluan komersil.

Jika dalam ajang balap terbesar di dunia itu motor tunggangan Dani Pedrosa bernama Honda RC213V, maka pada versi komersilnya, motor super 1000 cc itu diberi nama Honda RC213V-S.

Kode S pada bagian akhir nama motor itu memiliki arti Street atau legal untuk dipakai di jalanan umum.

Untuk memenuhi standar berlalu-lintas, motor balap MotoGP 2015 itu juga diberi tambahan lampu depan (headlamp), lampu belakang (stoplamp), lampu sein serta kaca spion.

Harga yang dipatok untuk motor balap bertenaga 235 bhp itu pun cukup fantastis, yakni sekitar 20 juta yen, atau setara Rp2,1 miliar.

Meski Honda RC213V-S mengusung spesifikasi yang sama seperti Honda RC213V versi MotoGP 2015, HRC tetap menerapkan batasan kecepatan untuk alasan keamanan.

Dilansir Asphalandrubber, selain diberi batasan kecepatan, motor balap yang legal digunakan di jalanan umum itu akan hadir dalam dua corak. Pertama, corak kebanggaan HRC, yakni perpaduan warna biru, putih, dan merah dengan gambar bendera jepang pada bagian fairing. Kedua, corak berwarna hitam penuh dengan motif serat karbon.

Pada pameran Honda di Milan, Italia tahun lalu, Marc Marquez juga sempat mengeluarkan celetukan bahwa motor itu akan menjadi tunggangan pribadinya sehari-hari.

“Ini sepeda motor jalanan saya sehari-hari, hanya dibuat untuk saya,” canda juara dunia MotoGP 2014 itu.

Belum dapat dipastikan kapan motor super versi jalanan itu akan meluncur. Namun kabar yang hingga saat ini merebak, Honda RC213V-S akan mengaspal resmi di jalanan Jepang dan negara-negara Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya