SOLOPOS.COM - Valentino Rossi. DokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Solopos.com, SEPANG— Juara dunia MotoGP tujuh kali, Valentino Rossi, memuji penampilan pembalap motor kelas terbuka, saat tampil pada tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, akhir pekan lalu.

Dalam tes pramusim itu, pembalap kelas terbuka memberikan kejutan dengan mampu menempati posisi 10 besar. Bahkan pembalap FTR Yamaha M1, Aleix Espargaro, mampu menyodok ke posisi empat besar, di tes hari terakhir.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

“Saya kira ini waktu yang tepat untuk kelas terbuka unjuk gigi. Espargaro sangat cepat. Dia sedang dalam top performa sehingga ia mampu membalap dengan sangat baik serta bisa membawa motornya hingga pada level maksimal,” ungkap Rossi, seperti dilansir crash.net, Senin (10/2) WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

MotoGP musim ini memang mengalami sejumlah perubahan. Antara lain meniadakan kelas CRT dan menggantinya dengan kelas terbuka. Namun, adanya open class dan kelas pabrikan juga dibedakan. Jika factory class mendapat keuntungan lantaran boleh menggunakan piranti lunak electronic control unit (ECU) bikinan sendiri, kelas terbuka mesti memakai ECU standar.

Akan tetapi, kelas terbuka diuntungkan dengan adanya bahan bakar tambahan empat liter sehingga menjadi total 24 liter. Sedangkan ekstra bahan bakar untuk kelas pabrikan dibatasi dengan jumlah lebih sedikit dari open class. Begitu halnya soal penggantian mesin, kelas terbuka mendapatkan kuota lebih banyak dibandingkan pabrikan.

“Mereka sangat diuntungkan dengan adanya ekstra bahan bakar meski soal elektronik cukup dibatasi. Jika saya disuruh memilih saya jelas tak mau ganti motor, tetapi saya ingin mendapatkan bahan bakar hingga 24 liter,” kelakar mantan pembalap Ducati ini.

Rossi sendiri tampil cukup impresif selama berada di Sepang, Malaysia. Di hari terakhir ia sempat menjadi yang tercepat sebelum akhirnya catatan waktunya dilampaui pembalap Honda, Marc Marquez. Sedangkan di hari terakhir Rossi menduduki posisi tercepat kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya