Marc Marquez (Reuters-Albert Gea)

Solopos.com, VALENCIA — Balapan seri terakhir Moto GP 2019 di Sirkuit Valencia, Spanyol, Minggu (17/11/2019) malam WIB, berhasil dimenangi Marc Marquez. Pada balapan itu, sejumlah tragedi terjadi hingga lima pembalap terjatuh dan tak mampu melanjutkan balapan.

Balapan dimulai dengan Fabio Quartararo di posisi pertama diikuti Marc Marquez, Jack Miller, Maverick Vinales, Franco Morbidelli, Adrea Doviozioso, Joan Mir, Alex Rins, Cal Curtchlow, dan Danilo Petrucci. Sedangkan Valentino Rossi memulai balapan dari posisi ke-12.

Quartararo yang start dari grid pertama langsung melesat saat lampu hijau menyala. Sedangkan Marc Marquez yang memulai balapan dari posisi kedua harus melorot ke posisi keenam saat balapan baru memasuki lap pertama.

Namun, pembalap berjuluk Si Bayi Alien itu kembali ke posisi ketiga saat memasuki putaran kedua. Tak butuh waktu lama, Marquez mampu menyalip Jack Miller untuk merebut posisi kedua dan kembali membayang-bayangi Fabio Quartararo.

Di barisan tengah, Rossi yang start dari posisi ke-12 merangsek ke posisi kesembilan. Maverick Vinales yang melorot ke posisi ketujuh bertarung keras melawan Morbidelli, Rins, dan Dovizioso di depannya.

Di putaran ketujuh, Marquez menegaskan kedigdayaannya dengan mampu menyalip Fabio Quartararo dan menguasai posisi terdepan. Quartararo yang sedikit melebar saat menikung langsung diserobot Marquez.

Hingga balapan menyisakan 13 putaran, sudah ada empat pembalap yang terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan. Keempat pembalap itu adalah Danilo Petrucci, Johan Zarco, Lecuona, dan Cal Crutchlow. Di putaran ke-17, Franco Morbidelli menyusul terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan.

Sementara itu, Marquez yang berada di posisi terdepan memperlebar jaraknya dengan Quartararo hingga 1,26 detik saat balapan menyisakan sembilan putaran.

Tak ada battle panas di posisi depan hingga balapan berakhir. Marquez yang memimpin balapan Moto GP Valencia sejak putaran ketujuh berhasil merengkuh kemenangan.

Kemenangan pada seri penutup di Sirkuit Valencia itu melengkapi gelar juara Moto GP 2019 yang sudah dikunci Marquez sejak balapan di Sirkuit Internasional Chang, Thailand, 6 Oktober 2019 lalu.

Berikut posisi 10 besar pada balapan seri terakhir Moto GP 2019 di Sirkuit Valencia, Spanyol, Minggu (17/11/2019) malam WIB:

  1. Marc Marquez
  2. Fabio Quartararo
  3. Jack Miller
  4. Andrea Dovizioso
  5. Alex Rins
  6. Maverick Vinales
  7. Joan Mir
  8. Valentino Rossi
  9. Aleix Espargaro
  10. Pol Espargaro


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten