MOTO GP MALAYSIA 2015 : Honda Bakal Rusak Pesta Yamaha
Pembalap pabrikan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dari Yamaha dan Marc Marquez dari Honda masih mendominasi balapan Moto GP 2015. Ist/dok

Moto GP Malaysia 2015 adalah balapan ke-16 dari 18 seri yang direncanakan.

Solopos.com, SEPANG—Gelar juara dunia pembalap Moto GP 2015 sudah pasti menjadi milik Yamaha, meski masih menyisakan dua seri lagi. Namun demikian, Honda yang sudah keluar dari perebutan titel prestisius ini bertekad tak akan menyerahkan takhta itu dengan mudah. Mereka bakal sesengit mungkin memberi perlawanan kepada Yamaha di GP Malaysia, Sirkuit Sepang, Minggu (25/10/2015).

Dua pembalap Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, bisa jadi batu ganjalan baik bagi Valentino Rossi maupun Jorge Lorenzo dalam merebut mahkota Moto GP musim ini. Apalagi dalam dua seri terakhir jagoan Honda itu yang berjaya. Pedrosa menang di GP Jepang, sementara Marquez berjaya di GP Australia.

Di Sepang Marquez dan Pedrosa bisa memainkan peran penting dalam duel Lorenzo dengan Rossi. Terlebih dua pembalap Spanyol itu tak punya kesempatan lagi untuk merebut titel kelas premier ini. Dengan demikian, mereka bisa membalap dengan lepas dan fokus pada target, yakni memenangi perlombaan.

“Setelah kemenangan yang luar biasa di Australia, kami akan menghadapi Malaysia. Kami berharap bisa melanjutkan tren apik demi Honda dengan finis terbaik. Apalagi kami pernah menggelar uji coba di sana. Set up motor adalah kuncinya, terutama di zona pengereman,” papar Marquez, dilansir speedweek.com, Rabu (21/10/2015).

Pedrosa juga mengemukakan target untuk kembali naik podium. Di Aragon ia berada di posisi kedua, sementara di Jepang ia berhasil merebut podium utama. Sayang, di Phillip Island, Australia, pembalap berusia 30 tahun itu hanya finis kelima.

Tiba di Sepang Pedrosa sesumbar bakal tampil kompetitif. Terlebih ia cukup mengenal Sepang yang ia ketahui memiliki tikungan cepat dan lambat. Selain itu, trek ini juga punya zona pengereman yang cukup sulit dilengkapi lintasan lurus sepanjang 920 m.

“Kami sangat mengenal trek ini karena melakukan tes di sana setiap musim. Tapi, kami harus mempertimbangkan faktor cuaca yang sangat mempengaruhi jalannya perlombaan. Selain itu, set up motor juga sangat penting,” papar Pedrosa.

Di musim 2014 podium utama Sepang jadi milik Marc Marquez. Ia naik podium teratas ditemani Rossi dan Lorenzo. Sedangkan Pedrosa tak bisa menyentuh garis finis karena terjatuh. Musim lalu hasil balapan sudah tak mempengaruhi perebutan titel lantaran Marquez resmi juara dunia. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

  • Moto GP Malaysia, Sirkuit Sepang

Panjang Sirkuit  5,5 km atau 3,44 mil

Lebar     22 m

Trek Lurus Terpanjang   920 m

Jumlah Tikungan              15 (kiri 5, kanan 10)

  •  Pemenang GP Malaysia Lima Musim Terakhir

Tahun   Pembalap            Tim

2014       Marc Marquez  Honda

2013       Dani Pedrosa     Honda

2012       Dani Pedrosa     Honda

2011       Batal Digelar

2010      Valentino Rossi Yamaha

*Sumber: motogp.com. (rid/JIBI)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom