Fabio Quartararo (Twitter)

Solopos.com, ASSEN — Fabio Quartararo kembali melanjutkan sensasinya di Moto GP setelah merebut pole position sekaligus memecahkan rekor lap tercepat dalam kualifikasi GP Belanda, Sabtu (29/6/2019) malam WIB. Tak hanya itu, Quartararo juga mencatatkan diri sebagai pembalap termuda yang meraih pole secara beruntun yakni pada usia 20 tahun.

Sebelum menjadi yang tercepat di Sirkuit Assen, pembalap kelahiran Nice, Prancis itu merebut pole dua pekan lalu di GP Barcelona. Dia juga sempat mencatatkan waktu tercepat di GP Jerez. Kecepatan Quartararo tentu wajib menjadi perhatian juara bertahan GP Belanda, Marc Marquez, yang akan start dari posisi nomor empat.

Ini kali pertama The Baby Alien tidak akan start dari front row. Posisi start kedua dan ketiga sendiri bakal diisi Maverick Vinales (Yamaha) dan Alex Rins (Suzuki). “Ini luar biasa. Saya sangat bangga dengan tim atas apa yang saya raih hari ini. Kami mendapatkan banyak hal, kami pikir kami cukup bagus,” ujar Quartararo dilansir Crash, Sabtu.

Konsistensi saat balapan tampaknya tetap menjadi PR yang perlu diselesaikan Quartararo. Di GP Jerez, dia justru tak meraih poin setelah gagal finis. Penampilannya membaik saat dia meraih posisi runner up di GP Barcelona setelah meraih pole. Namun saat itu cukup banyak pembalap yang terjatuh sehingga membuatnya leluasa meraih podium.

Selain Quartararo, Joan Mir berpotensi memberi kejutan setelah meraih posisi lima di kualifikasi. Ini menjadi posisi start terbaik bagi rookie asal Suzuki itu musim ini.

Sementara itu, Maverick Vinales mulai memperbaiki performa setelah menjadi pembalap tercepat kedua di kualifikasi. Capaian waktunya terpaut 0,140 detik dari Quartararo. Hasil tersebut berkebalikan dengan rekan Vinales, Valentino Rossi, yang terpuruk di grid 14.

Vinales berharap posisinya di front row bisa membantunya meraih hasil bagus di Assen. “Saya akan mencoba menekan sejak awal karena kami telah mendapatkan ritme.” 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten