Moto GP 2020 Mulai Rancang Balapan Tanpa Penonton
Balapan di ajang Moto GP. (Reuters)

Solopos.com, MADRID — Jadwal penyelenggaraan Moto GP 2020 hingga kini masih belum jelas akibat pandemi virus corona. Meski demikian, Dorna selaku operator Moto GP sudah menyiapkan rencana untuk menggelar balapan tanpa penonton.

Hal tersebut diawali dengan merancang balapan dengan jumlah kru tim seminimal mungkin. Dilansir Crash, Minggu (19/4/2020), Dorna telah mengirimkan surat elektronik ke masing-masing tim untuk meminta daftar minimal kru yang akan berada di paddock pada awal pekan ini.

Berstatus PDP Corona, Tenaga Kesehatan Pertama di Soloraya Asal Grogol Sukoharjo Meninggal

Data tersebut menjadi kelengkapan syarat agar mendapat persetujuan pemerintah tempat balapan Moto GP berlangsung. “Kami sedang mempersiapkan protokol bersama dengan otoritas terkait, misalnya Dewan Olahraga di Spanyol dan Komite Olimpiade Italia,” CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Dorna juga menyiapkan 10.000 alat uji virus corona untuk pemeriksaan khusus sebelum dan setelah balapan setiap harinya. Menurut Ezpeleta, skenario tersebut memungkinkan balapan Moto GP digelar tanpa penonton dengan personel seminimal mungkin.

Perkiraan sebelumnya, ada sekitar 1.000 staf inti yang akan terlibat untuk menggelar balapan tertutup. Sebagai informasi, tim pabrikan minimal memiliki 40 kru dan tim satelit 25 kru.

Begini Riwayat Perawat dari Grogol Sukoharjo Berstatus PDP Covid-19 yang Meninggal di Solo

Nantinya tamu undangan, perwakilan sponsor, dan media juga dilarang masuk sirkuit. Kru televisi yang bertugas untuk siaran langsung juga hanya dibatasi satu orang. Selebihnya kru televisi akan bekerja dari studio.

GP Jerman Batal

Ihwal batalnya gelaran GP Jerman di Sirkuit Sachsenring yang jadi pembuka Moto GP 2020, Ezpeleta akan mengusulkan jadwal baru ke Pemerintah Jerman. Balapan GP Jerman pada 21 Juni 2020 dibatalkan karena pemerintah memperpanjang larangan mengumpulkan massa dalam jumlah besar hingga 31 Agustus 2020.

Pria Bogor Meninggal Saat Salat Jumat di Tengah Pandemi Corona Bikin Jemaah Panik dan Bubar

GP Jerman jadi pembuka lantaran lima seri awal Moto GP musim ini dibatalkan dan mengalami penundaan. Kelima seri itu adalah GP Qatar, Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya.

“Pada 27 April 2020 kami akan berbicara dengan Pemerintah Jerman dan Belanda [Sirkuit Assen] untuk melihat skenario balapan pada akhir Juni. Skenario paling optimistis adalah balapan dimulai di Jerman. Saya pribadi melihat itu sulit, tetapi kita harus menunggu,” katanya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom