Alex Rins (Twitter)

Solopos.com, AUSTIN — Kombinasi kecerdasan, keterampilan berkendara serta faktor keberuntungan mengantarkan Alex Rins meraih kemenangan perdananya di Moto GP di Circuit of The Americas (CoTA), Austin, Senin (15/4/2019) dini hari WIB. Kemenangan ini menegaskan bahwa Rins bersama Suzuki bukan lagi penggembira, melainkan calon pesaing kuat juara bertahan, Marc Marquez.

Rins yang memulai debutnya di Moto GP pada 2017 kini berada di peringkat ketiga klasemen dengan 49 poin, selisih lima poin dari Andrea Dovizioso di singgasana. Ada pun Marquez harus terlempar dari posisi pertama klasemen ke peringkat keempat setelah gagal mencetak poin di GP Amerika Serikat.

Marquez yang dijagokan meraih kemenangan ketujuh beruntun di Austin justru terjatuh saat balapan baru menyentuh putaran sembilan. “Saya sangat bahagia, saya tak bisa menggambarkannya dengan kata-kata,” ujar pembalap asal Spanyol itu seperti dilansir Motorsport, Senin.

Keberhasilan Rins memperbesar optimisme Suzuki di musim 2019. Manajer Suzuki, Davide Brivio, mengklaim kemenangan di Austin merupakan penegasan bahwa Suzuki adalah penantang juara. Tanda-tanda Rins akan menjadi penantang papan atas sudah terlihat musim lalu saat dia dua kali jadi runner up di seri penutup Malaysia dan Valencia.

“Sekarang saya dapat mengatakan bahwa target kami musim ini adalah juara, dan kami telah melakukannya pada balapan ketiga,” tegasnya.

Sementara itu, Marquez masih sulit memahami kenapa dia bisa terjatuh di CoTA. Sebab saat itu dia merasa tak terlalu ngotot karena sudah unggul 3,5 detik dari Rossi. “Kecewa, sulit dimengerti, tapi seperti inilah. Sekarang kami perlu fokus pada balapan berikutnya di Jerez.” 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten