Balapan seri ke-11 Moto GP 2019 di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (11/8/2019) malam WIB. (Reuters-Lisi Niesner)

Solopos.com, SPIELBERG — Andrea Dovizioso berjaya di balapan seri ke-11 -motor-yamaha-kalah-cepat">Moto GP 2019 di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (11/8/2019) malam WIB. Dovi berhasil mengasapi Marquez di posisi kedua.

Marc Marquez yang start dari grid pertama, langsung dipepet Andrea Dovizioso saat lampu hijau menyala. Namun persaingan ketat itu membuat kedua pembalap tersebut melebar. Dovizioso dan Marquez tak pelak melorot ke posisi keempat dan kelima pada lap pertama. Fabio Quartararo yang start dari tempat ketiga pun langsung mencuri posisi pertama yang awalnya dihuni Marquez.

Ketangguhan Dovizioso terbukti saat ia berhasil naik dua posisi saat balapan baru memasuki putaran ketiga. Sedangkan Marquez juga berhasil menempati posisi ketiga di belakang Dovizioso. Di putaran ketiga, persaingan di posisi empat besar sangat ketat antara Fabio Quartarao, Andrea Dovizioso, Marc Marquez, dan Jack Miller.

Sementara itu, Valentino Rossi secara mengejutkan mampu melesat ke posisi kelima meski ia memulai balapan dari posisi ke-10. Ia berada di belakang Jack Miller dan terpaut 1,19 detik.

Di lap kelima, Quartararo sedikit lengah sehingga mampu disalip Dovizioso dan Marquez. Persaingan antara Dovizioso dan Marquez untuk memperebutkan posisi pertama pun berlanjut.

Persingan sengit terjadi di lap kedelapan. Marc Marquez dan Dovizioso saling salip-menyalip berualng kali. Namun Marquez mampu memimpin balapan, mengasapi Dovizioso di belakangnya. Di sisi lain pada putaran kedelapan, Jack Miller di posisi keempat terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan sehingga posisinya diambil alih Valentino Rossi.

Pada putaran ke-12, Marquez dan Dovizioso yang saling pepet semakin jauh meninggalkan para pesaing di belakangnya. Jarak antara Marquez di posisi pertama dan Quartarao di posisi ketiga bahkan mencapai dua detik. Rossi yang berada di posisi keempat berjarak 3,3 detik dari SI Bayi Alien pada putaran ke-12.

Balapan kembali memanas saat Dovizioso berhasil menyalip Marquez di lap ke-19. Namun pembalap asal Italia itu masih dibayang-bayangi Marquez yang terus menempelnya di setiap tikungan.

Di sisi lain, posisi Valentino di posisi keempat mulai tak aman saat rekan setimnya, Maverick Vinales, mampu mendekatinya. Jarak keduanya bahkan tak mencapai 0,3 detik di lap ke-21.

Di lap ke-25, Marquez dan Dovizioso kembali saling salip berulang kali. Namun Maruquez berhasil merebut posisi paling depan saat balapan memasuki putaran ke-26.

Di lap terakhir, Dovizioso dan Marquez berulang kali berhasil saling menyalip. Drama tak berhenti hingga akhir. Andrea Dovizioso akhirnya mampu menjadi pemenang setelah menyalip Marquez di tikungan terakhir dan lap terakhir.

Dengan hasil itu, pembalap yang akrab disapa Dovi itu juga mampu memepet Marquez di papan klasemen sementara. Dovi kini berjarak 58 poin dari Marquez di puncak klasemen sementara -motor-ducati-dinilai-lambat">Moto GP 2019.

Avatar
Editor:
Adib M Asfar

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten