SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang (Espos)–Polisi masih menyelidiki kasus bunuh diri Sutoto Agus Pratomo, 47, suami mantan calon wakil wali (Wawali) kota Semarang yang kalah pada Pilkada 2010 Dasih Ardiyantari ditemukan tewas menggantung diri di kantornya Jl Gajah Birowo Raya No 19 B Perum Tlogosari Semarang, Jumat pagi (4/6).

Polisi belum dapat memastikan motif tindakan suami mantan calon Wawali Semarang itu.
“Motif bunuh diri belum diketahui, pihak keluarga yang masih berduka belum bisa dimintai keterangan,” ujar Kapolwiltabes Semarang Kombes Pol Edward Syah Pernong melalui Kapolres Semarang Timur AKBP Kukuh Kalis kepada wartawan di lokasi kejadian, Jumat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keterangan yang diperoleh dari berbagai sumber di tempat kejadian perkara (TKP), menyebutkan peristiwa bunuh diri itu kali pertama diketahui pihak keluarga sekitar pukul 06.30 WIB.

Sementara petugas Polsek Pedurungan dibantu petugas Polres Semarang Timur yang mendapatkan laporan tersebut langsung melakukan olah TKP. Petugas mengamankan barang bukti seutas kawat almunium sepanjang 1.5 meter yang digunakan untuk gantung diri korban.

Kapolwiltabes enggan memberikan keterangan lebih jauh soal kasus ini, dia meminta Kapolres Semarang Timur AKBP Kukuh Kalis memberikan keterangan kepada wartawan.

“Dari hasil penyelidikan sementara ada tanda-tanda bunuh diri, misalnya luka lebab di leher korban akibat jeratan kawat, serta keluarnya cairan dari alat kemaluannya,” jelas Kukuh didampingi Kapolsek Pedurungan AKP Yuni Sulistyowati.

Seperti diketahui isteri korban, Dasih Ardiyantari pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Semarang, April 2010 maju sebagai calon walikota berpasangan dengan Muhammad Farchan.
Pasangan calon ini diusung koalisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), namun kalah.

oto



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Prawira Harum dan Pelita Jaya Sama-sama Gemilang di Kualifikasi BCL Asia

Prawira Harum dan Pelita Jaya Sama-sama Gemilang di Kualifikasi BCL Asia
author
Newswire , 
Akhmad Ludiyanto Rabu, 24 April 2024 - 17:12 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pemain Pelita Jaya Jakarta, Kevin Omell Chapman (kiri) diadang pebasket NS Matrix Deers Jordan Tolbert (kanan) dalam kualifikasi putaran kedua FIBA Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 di Britama Arena, Jakarta, Selasa (23/4/2024). Pelita Jaya mengalahkan klub basket asal Malaysia itu dengan skor 94-79. (ANTARA)

Solopos.com, JAKARTA – Juara dan runner up IBL 2023 Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Jakarta sama-sama gemilang di ajang Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 Putaran 2.

Prawira dan Pelita Jaya sukses meraih kemenangan dengan memanfaatkan keuntungan bermain di hadapan publik sendiri pada laga yang digelar di Britama Arena Jakarta, Selasa (23/4/2024), untuk memenangi pertandingan pertama kualifikasi tahap kedua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelita Jaya menang atas tim asal Malaysia NS Matrix Deers dengan skor 94-79. Selisih 15 poin dan skor yang terkumpul sampai 94 angka itu akan menjadi modal kuat bagi Pelita Jaya apabila di akhir kompetisi memiliki poin yang sama dengan para pesaingnya, namun bisa unggul dalam hal skor.

Kemenangan Pelita Jaya ini sekaligus membuat mereka menjadi satu-satunya tim yang masih belum pernah kalah dalam kompetisi, menyusul tiga kemenangan beruntun yang dipetiknya pada putaran pertama kualifikasi.

Koran Solopos

Hal itu lantaran tim Hong Kong Eastern Basketball yang juga memiliki rekor tiga kemenangan beruntun di putaran pertama layaknya Pelita Jaya, harus menelan kekalahan oleh juara IBL 2023 Prawira Harum Bandung 53-50.

Berbeda dengan Pelita Jaya yang nyaman dengan keunggulannya atas NS Matrix Deers, Prawira harus berjuang keras untuk mendapatkan kemenangannya atas Hong Kong Eastern.

Pemain bintang Prawira Yudha Saputera yang mencetak tripoin terbanyak dalam kompetisi tersebut di kualifikasi putaran pertama dengan 15 tembakan jarak jauh, dikunci oleh Eastern sehingga hanya bisa menorehkan 7 poin. Yang 6 poin di antaranya tetap berasal dari dua tembakan tiga angka.

Emagazine Solopos

Pertahanan Eastern yang tak memberikan ruang gerak pada para pemain Prawira membuat tim asuhan David Singleton ini tertinggal 7 angka saat turun minum, yakni 26-33.

Ditambah lagi pemain andalan Prawira yang juga merupakan pencetak skor tertinggi di kompetisi pada kualifikasi putaran pertama, Brandone Francis, harus dikeluarkan dari pertandingan di awal kuarter ketiga karena melakukan pelanggaran.

Namun bukannya terpuruk, justru Prawira menunjukkan permainan tim seperti halnya mereka kehilangan Francis pada laga Final IBL 2023. Prawira berhasil menyusul Eastern di kuarter tiga, bahkan menahan tim asal Hongkong tersebut hanya bisa mencetak 5 poin di kuarter itu.

Interaktif Solopos

Hasil kerja keras para pemainnya dengan blok, steal, pertahanan yang solid bisa menahan pemain Eastern hanya mencetak 5 angka saja. Namun kerja sama tim Prawira tetap terjaga hingga akhir laga yang membuat mereka keluar sebagai pemenang.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Cak Imin Tegaskan PKB Mau Gabung Koalisi Prabowo

Cak Imin Tegaskan PKB Mau Gabung Koalisi Prabowo
author
Newswire , 
Chelin Indra Sushmita Rabu, 24 April 2024 - 17:09 WIB
share
SOLOPOS.COM - Calon Presiden RI terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berbincang dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan) di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (24/4/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menyatakan keinginan partainya untuk bekerja sama dengan presiden terpilih Prabowo Subianto berikut Partai Gerindra selepas kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Cak Imin menjelaskan, keinginan itu disampaikan ke Prabowo demi mewujudkan agenda-agenda pembangunan ke depan, yang ujungnya ialah kemajuan bangsa dan kemakmuran rakyat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“PKB dan Gerindra sebagai partai yang selama ini bekerja sama di parlemen maupun di eksekutif ingin terus bekerja sama lebih produktif lagi. Apalagi Pak Prabowo sebagai presiden terpilih akan menghadapi berbagai agenda pembangunan yang begitu menantang di masa yang akan datang,” kata Muhaimin saat jumpa pers bersama Prabowo di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Dalam jumpa pers yang sama, Muhaimin menyebut dia juga menyerahkan ke Prabowo dokumen berisi delapan agenda perubahan PKB. Namun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut poin per poin agenda perubahan tersebut.

Koran Solopos

“Delapan agenda PKB diserahkan kepada Prabowo. Kira-kira begitu untuk menjadi bahan perjuangan sekaligus agenda secara khusus bagi pemerintahan Pak Prabowo pada masa yang akan datang,” kata Cak Imin sebagaimana dilansir Antara.

Sementara itu, Prabowo sepakat dengan keinginan PKB untuk bekerja sama, karena menurut dia selepas pilpres merupakan saatnya untuk bahu-membahu membangun negeri.

“Sekarang tahapnya kerja sama untuk rakyat dan saya sangat besar hati. Saya sangat terima kasih. Saya diundang ke sini, dan saya menerima tadi penyampaian, pernyataan PKB ingin terus bekerja sama dengan Gerindra, dengan Prabowo Subianto untuk mengabdi demi kepentingan rakyat,” kata Prabowo.

Emagazine Solopos

“Saya kira itu inti dari pertemuan siang hari ini,” sambung dia.

Prabowo berkunjung ke Kantor DPP PKB tak lama setelah KPU menetapkan dirinya dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan presiden-wakil presiden terpilih di Kantor KPU RI, Jakarta.

Dalam pertemuannya dengan Muhaimin, Prabowo didampingi oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, dan dua ketua DPP Partai Gerindra, Sugiono dan Prasetyo Hadi.

Interaktif Solopos

Sementara itu, Muhaimin dalam pertemuannya dengan Prabowo didampingi oleh jajaran petinggi DPP PKB, termasuk Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid. Pertemuan yang seluruhnya tertutup itu berlangsung selama kurang lebih satu jam.

Selepas pertemuan dan jumpa pers, Prabowo beserta rombongan langsung meninggalkan Kantor DPP PKB menuju kediamannya di rumah dinas Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta.

Dalam kontestasi Pilpres 2024, Prabowo-Gibran berada dalam kubu yang berseberangan dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Prabowo-Gibran didukung oleh Koalisi Indonesia Maju yang terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, PRIMA, Partai Gelora, Partai Garuda, PSI, dan satu partai lokal Partai Aceh.



Sementara itu, Anies-Muhaimin didukung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri atas PKB, Nasdem, dan PKS.

Partai Gerindra dan PKB, pada periode awal menjelang Pilpres 2024, sempat membentuk koalisi yang disebut Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Namun, koalisi itu bubar setelah Muhaimin memutuskan menjadi cawapres mendampingi Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

UIN Walisongo Ziarah Wali dan Masayikh, Ini Tujuannya

UIN Walisongo Ziarah Wali dan Masayikh, Ini Tujuannya
author
Astrid Prihatini WD Rabu, 24 April 2024 - 17:09 WIB
share
SOLOPOS.COM - Dalam rangka Dies Natalis ke-54, UIN Walisongo mengadakan Ziarah Wali dan Masayikh pada Selasa-Rabu (23-24/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SURABAYA-Dalam rangka Dies Natalis ke-54, rombongan UIN Walisongo mengadakan Ziarah Wali dan Masayikh pada Selasa-Rabu (23-24/4/2024). Kegiatan ini dibagi menjadi dua rombongan diikuti oleh pimpinan dan keluarga besar UIN Walisongo.

Rombongan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang melakukan ziarah ke KH Abdul Wahab Chasbullah salah satu pendiri Nahdlatul Ulama, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang merupakan Presiden keempat, Maulana Sayyid Djumadil Kubro yang merupakan Bapak Walisongo dan Raden Ahmad Rahmatullah atau yang dikenal sebagai Sunan Ampel. Rombongan ziarah ini dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Walisongo Prof.Dr. Mukhsin Jamil,M.Ag.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan rombongan kedua ziarah wali dan Masayikh ke Raden Maulana Makdum Ibrahim atau Sunan Bonang, Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik, Sunan Giri dan Sunan Drajat dipimpin oleh Kepala Biro Administrasi, Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Walisongo yaitu H.M.Fattah,S.Ag.,M.Ed,.

Koran Solopos

“Ziarah wali dan. Masayikh ini untuk menguatkan basis kultural dari UIN Walisongo sekaligus bagian dari Dies natalis ke 54. Menyelenggarakan ziarah ke tokoh penting dalam konteks perkembangan Islam dan wali yang berjasa dalam menanamkan Islam secara damai dan bersanding dengan kebudayaan setempat,” ungkap Prof.Dr.Mukhsin Jamil,M.Ag.

“Selain itu melalui ziarah kita juga terus menguatkan pemangku budaya melalui pemangku makam Aulia yang berkontribusi besar bagi pengembangan wisata religi dan ekonomi masyarakat lokal. Ini menjadi lahan kajian penelitian dan diskusi pengabdian masyarakat yang baik. Tidak hanya aspek ritual ziarah tapi juga pengembangan akademik dalam situs penting perkembangan Islam Nusantara,” bebernya.

Ziarah  wali, masyayikh, dan ulama’ merupakan bagian dari agenda Dies Natalis UIN Walisongo dari tahun ke tahun. Melalui kegiatan ziarah ini diharapkan seluruh peserta memahami arti penting dari proses perkembangan Islam dalam pembentukan karakter bangsa. UIN Walisongo mendudukkan diri secara benar dalam konstelasi sosial dan kebudayaan Indonesia.

Emagazine Solopos

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories