Mortir Londo Ditemukan Di Sragen Berdaya Ledak Hingga Radius 100 Meter

Tim Gegana Brimob Polda Jateng meledakkan mortir yang ditemukan warga di Dukuh Gilis RT 006, Katelan, di Dukuh Janglot, Katelan, Tangen, Sragen, Jumat (30/8/2019) pukul 16.00 WIB.

Mortir Londo Ditemukan Di Sragen Berdaya Ledak Hingga Radius 100 Meter

SOLOPOS.COM - Tim Gegana dan Polres Sragen meledakkan mortir di Dukuh Jenglot, Katelan, Tangen, Sragen, Jumat (30/8/2019) sore. (Istimewa/Polsek Tangen)

Solopos.com, SRAGEN -- Tim Gegana Brimob Polda Jateng meledakkan mortir yang ditemukan warga di Dukuh Gilis RT 006, Katelan, di Dukuh Janglot, Katelan, Tangen, Sragen, Jumat (30/8/2019) pukul 16.00 WIB.

Mortir peninggalan zaman penjajahan Belanda itu merupakan jenis M19 high explosive dengan daya ledak sampai radius 100 meter. Hal itu diungkapkan Kapolsek Tangen Iptu M. Zaini saat dihubungi Solopos.com, Jumat malam.

Mewakili Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan, dia menerangkan tim penjinak bahan peledak sebanyak lima orang dipimpin Iptu Marutojono tiba di lokasi temuan mortir pada pukul 15.00 WIB.

Dia melanjutkan mortir sepanjang 25 cm dan diameter 5 cm itu dievakuasi dan dibawa ke lokasi yang jauh dari permukiman penduduk untuk diledakkan.

“Mortir masih aktif dan langsung diledakkan di lokasi lahan tebu yang jauh dari permukiman pada pukul 16.00 WIB. Dari tim Polres ada delapan orang yang ikut menyaksikan peledakan itu, termasuk saya dan Camat Tangen. Kasus temuan mortir itu baru kali pertama di Tangen,” ujarnya.

Sebelumnya, seorang warga Katelan menemukan mortir di belakang rumah Mbah Dwijo, 75, saat hendak menggali tanah untuk fondasi pagar. Temuan itu dilaporkan ke RT dan dilanjutkan ke Mapolsek Tangen.

Berita Terkait

Berita Terkini

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.