SOLOPOS.COM - Ilustrasi kera/dok

Ilustrasi/dok

BANTUL—Seekor monyet jantan yang diduga turun dari hutan di Kecamatan Dlingo membuat resah warga Dusun Ngancar, RT 1, Desa Karangtalun, Kecamatan Imogiri sejak Jumat (1/3/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Akibat ulah monyet itu, genting sejumlah rumah warga rusak,” kata Marsudi, warga Dusun Ngancar, Sabtu (2/3/2013).

Marsudi menerangkan, monyet itu pertama menyambangi rumahnya pada Jumat sore. “Kebetulan saya memelihara seekor monyet betina,” ujarnya.

Karena tampak beringas saat didekati, Marsudi dan sebagian warga tidak dapat menangkap monyet tersebut. Kemarin, monyet itu diketahui sudah berpindah ke selatan, arah Dusun Bandungan, Imogiri.

Menurut Marsudi, monyet liar itu diduga berasal dari Hutan Wanagama, wilayah Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo. Karena pepohonan di habitat aslinya sudah banyak yang ditebang dan sejak beberapa bulan terakhir berubah menjadi areal persawahan, lanjut Marsudi, monyet itu terusik dan terpaksa turun ke permukiman mencari makan.

Selain di wilayah Dusun Ngancar, kata dia, monyet serupa juga dikabarkan mengusik ketenangan warga di wilayah Dusun Pajimatan. Dusun itu letaknya tidak jauh dari kompleks makam raja-raja Imogiri. Kabarnya ada tiga ekor di sana.

Khawatir jika turun gunungnya sejumlah monyet hutan itu bakal membahayakan keselamatan warga, khususnya anak-anak, Marsudi telah melapor ke Polsek Imogiri. “Kalau kami bertindak sendiri dengan senapan angin, takutnya malah salah di mata hukum.”

Laporan Marsudi telah direspons Polsek Imogiri. “Anggota kami langsung terjun ke lokasi,” jelas Kapolsek Imogiri, Kompol Herlambang.

Namun, setelah ditunggu selama berjam-jam, monyet itu tidak kunjung menampakkan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya