SOLOPOS.COM - Seekor monyet bernama Pager memainkan game menggunakan pikiran. (Neuralink)

Solopos.com, JAKARTA -- Perusahaan komputer Neuralink milik Elon Musk menanamkan implan chip di otak seekor monyet. Neuralink mengunggah video yang memperlihatkan seekor monyet memainkan video game Pong dengan pikirannya.

Mengutip BBC dan ditulis liputan6.com, Rabu (14/4/2021), sinyal otak ini dikirim secara nirkabel melalui perangkat implan yang ditanamkan. Neuralink berharap, pada gilirannya, percobaan mereka akan memungkinkan orang untuk mengontrol ponsel atau komputer dari jarak jauh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut seorang ahli, fakta bahwa tidak ada kabel yang digunakan memperlihatkan kemajuan yang signifikan. Namun, diperlukan lebih banyak data untuk keberhasilan proyek ini. Monyet bernama Pager ini kali pertama diajari bermain video game dengan joystick. Agar mau main, Pager dihadiahi smoothie buah.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Lacak Data Tersangka, Forensik Polri Pakai Alat Sedot Data Ponsel Buatan Israel

Selama proses ini, perangkat Neuralink mencatat informasi tentang neuron mana yang dipakai si monyet untuk mengontrol gerakan dan mana yang diapkai untuk menembak. Ketika joystick tidak disambungkan, Pager si monyet bisa mengontrol permainan hanya berbekal otaknya.

"Misi kami untuk mengembangkan sistem brain machine interface klinis yang aman dan efektif yang bersifat nirkabel dan bisa ditanamkan," kata peneliti Neuralink.

Tujuan pertama adalah memberikan kembali kebebasan digital kepada orang-orang yang lumpuh untuk dapat berkomunikasi. Sistem juga berpotensi digunakan untuk memulihkan mobilitas fisik dengan menggunakan tautan untuk membaca sinyal di otak. Selanjutnya bisa dipakai untuk merangsang saraf dan otak di tubuh. Kendati demikian, prosesnya masih perlu disempurnakan.

Baca Juga : Spotify Hadirkan Konten Ngabuburit Selama Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya