Monumen Rejodani, Simbol Perlawanan Pemuda Melawan Kolonialisme

Di Kabupaten Sleman, terdapat sebuah monument bersejarah yang menjadi simbol penghormatan bagi para pahlawan dalam mempertahan kemerdekaan.

 Monumen Rejodani (Instagram/@koin1903)

SOLOPOS.COM - Monumen Rejodani (Instagram/@koin1903)

Solopos.com, SLEMAN — Monumen selalu dijadikan pengingat perjuangan para pahlawan dalam melawan penindasan. Di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY), terdapat sebuah monument bersejarah yang menjadi simbol penghormatan bagi para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Mengutip dari laman Instagram @kabarsleman, Senin (2/8/2021), monumen yang disebut sebagai Monumen Rejodani merupakan bangunan bersejarah yang didirikan untuk mengenang perjuangan Tentara Pelajar. Monumen ini berbentuk tugu dengan simbol topi baja, bambu runcing sebagai simbol laskar yang telah gugur.

Di atas fondasi persegi empat tertulis Medan Laga Rejodani dan delapan nama Tentara Pelajar yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda yang terjadi pada bulan Mei 1949. Monumen Rejodani sendiri berdiri Dusun Rejodani, Jalan Palangan Tentara Pelajar, Kelurahan Sariharjo Kapanewon Ngaglik.

Baca Juga : Horor! Tinggal di Kontrakan Berhantu, Kelompok Mahasiswa di Jogja Dijahili Jin

Monumen ini dibangun guna mengenang dan memberikan penghargaan terhadap perjuangan dan keberanian tentara pelajar dalam mempertahankan kemerdekaan RI yang sekaligus menjadi tonggak Kebangkitan Nasional Bangsa Indonesia.

Mengutip situs Slemankab.go.id, alasan didirikannya monumen perjuangan di Dusun Rejodani dikarenakan dusun tersebut dan daerah Ngalik secara umum terdapat banyak markas-markas Tentara Pelajar dibawah komando Kapten Martono yang merupakan mantan Menteri Transmigrasi.

Pada tanggal 29 Mei 1949, tentara Belanda juga menyerang daerah ini. Kabar rencana penyerangan tentara Belanda ini kemudian ditanggapi Sersan Suwarni dari Peleton III Batalyon 300 dan Kopral Harsono untuk melakukan penghadangan. Dalam pertempuran ini gugur 8 orang pejuang.

Baca Juga : PPKM Darurat, Izin Potong Hewan Kurban di Sleman Naik

Di monumen tersebut juga tertulis 8 pejuang yang gugur, di antaranya Kopral Harsono, Sersan Suwarno, FX. Sukapdi, Suroyo, Supranoto, Darjono, Sunarto, Alibajah. Sebelumnya, perang baku tembak terjadi saat pasukan Belanda melintas daerah tersebut hingga pertempuran tidak dapat dielakan.

Terjadilah baku tembak antara Tentara Pelajar dan Belanda namun karena persenjataan dan amunisi yang dimiliki kurang memadai dan sangat terbatas, para Tentara Pelajar pun terdesak. Dalam keadaan terdesak dan terkepung, delapan anggota tentara Pelajar gugur di tempat itu.

Karena perjuangan dan keberanian para Tentara Pelajar inilah tugu komemorasi dan penghargaan ini dibangun oleh Pemkab Sleman pada tahun 1968 silam. Perang baku tembak yang dikenal dengan Agresi Militer Belanda  II ini adalah stratrgi yang dilakukan Belnda untuk melemahkan posisi Indonesia di mata dunia.

Namun, rakyat Indonesia tidak tinggal diam dalam mempertahankan kemerdekaan tersebut. Bukan hanya tentara dan pejuang yang maju. Anak-anak muda juga tidak mau ketinggalan. Anak-anak muda inilah yang kemudian dilatih menjadi Tentara Pelajar.

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Warga Bisa Urus Dokumen Ini, Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Kulonprogo

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) membantu masyarakat Kulonprogo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sesuai Inmendagri Nomor 43/2021, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal.

Kebijakan Ganjil Genap Objek Wisata Bantul Dievaluasi

Penerapan kebijakan ganjil genap di objek wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul dievaluasi.

Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Dua pemuda asal Banjarnegara, Jawa Tengah tega menjual seorang gadis di bawah umur kepada pria hidung belang.

Ngentak Mangir Dulu Susah Sinyal, Kini Malah Jadi Kampung Internet

Inisiatif warga untuk berlangganan internet dan menyebarkan ke seluruh rumah membuat Kampung Ngentak Mangi di Bantul tak lagi susah sinyal.

Pemkab Bantul Ajukan Pantai Parangtritis untuk Dibuka

Pemkab Bantul mengajukan Pantai Parangtritis untuk melakukan uji coba operasional selama PPKM

15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemberian vaksin Moderna untuk warga Kulonprogo telah dimulai sejak Sabtu (18/9/2021). Jumlah vaksin Moderna yang tersedia sebanyak 15.000 dosis.

Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

Pengelola objek wisata di Kota Jogja keberatan apabila aturan ganjil genap jadi diberlakukan. Pasalnya, tanpa aturan itu pun, jumlah pengunjung yang bisa masuk sangat sedikit.

Deretan Orang Kaya dari Jogja, Ada Nama Artis Ibu Kota

Ini dia deretan orang kaya atau konglomerat dari Jogja, DI Yogyakarta, yang salah satunya berasal dari dunia hiburan Tanah Air.

Indahnya Tempat Wisata Tersembunyi di Bantul Ini, Jalannya Menantang Hlo

Tempat wisata kali ini begitu menantang medan jalan yang ditempuh dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Pengunjung harus berhati-hari karena jalannya yang setapak dan sampingnya terdapat sungai.

Puluhan Kendaraan Menuju ke Hutan Pinus Mangunan Diminta Putar Balik

Puluhan kendaraan yang menuju ke Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, diminta putar balik karena pemberlakuan penyekatan.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Ganjil Genap Diberlakukan ke Tebing Breksi, 72 Kendaraan Diputar Balik

Sebanyak 164 kendaraan dizinkan naik ke Tebing Breksi selama pemberlakukan ganjil genap.

Dampak PPKM, Kualitas Udara Kota Jogja Kian Membaik

Penerapan PPKM yang berlangsung sejak Juli lalu disebut berdampak pada kualitas udara di Kota Jogja.

Aturan Ganjil Genap ke Tebing Breksi Diberlakukan, Puluhan Kendaraan Diputar Balik

Banyak wisatawan yang tak tahu aturan ganjil genap saat hendak berwisata ke Tebing Breksi, Sleman, sehingga harus rela dibupatr balik petugas.

Jelang Uji Coba PTM, Vaksinasi Pelajar SMP Terus Dikebut

Vaksinasi pelajar adalah salah satu upaya Pemkab Bantul untuk mendukung uji coba tatap muka sekolah agar orang tua siswa nyaman dan tenang.