SOLOPOS.COM - Patung Ir. Soekarno (ilustrasi)

Monumen Klaten, Puan Maharani dijadwalkan meresmikan patung Soekarno setinggi 4,5 meter.

Solopos.com, KLATEN–Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, dijadwalkan meresmikan patung Ir. Soekarno di Jl. Ir. Soekarno, Kelurahan Buntalan, Klaten Tengah, Selasa (21/6/2016). Pembangunan patung guna mengenang seluruh jasa dan pengabdian founding father tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Solopos.com, pembangunan patung Ir. Soekarno ini menelan anggaran senilai Rp450 juta. Sumber anggaran berasal dari APBD Klaten. Pelelangan patung sudah dilangsungkan April lalu. Ketinggian patung mencapai 4,5 meter. Patung tersebut dibuat di Jogja. Pemenang lelang pembuatan patung, yakni CV Mahindra Jaya asal Bayat.

Ekspedisi Mudik 2024

Lokasi patung Ir. Soekarno persisnya ditempatkan di depan Terminal Ir. Soekarno di Buntalan, Klaten Tengah. Posisi patung Ir. Soekarno berdiri dan menunjuk ke arah depan. Patung tokoh proklamator ini sengaja ditempatkan di lokasi strategis. Setidaknya, terdapat dua objek vital (obvit) di Jl. Ir. Soekarno yang sebelumnya bernama Jl. Jombor Indah. Dua Obvit itu, seperti Terminal Ir. Soekarno dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras Klaten.

“Bulan Juni adalah bulan Bung Karno [lahir dan meninggalnya Soekarno berlangsung di bulan Juni]. Selain itu bulan Juni juga dikenal sebagai hari Kelahiran Pancasila yang menjadi buah pikiran Ir. Soekarno. Guna mengenang sosok Bung Karno itulah, patung ini dibangun,” kata Bupati Klaten, Sri Hartini, kepada Solopos.com, Jumat (17/6/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya