Monstera Mengalami Pembusukan? Tenang, Begini Cara Mengatasinya

Salah satu ciri Monstera yang mengalami pembusukan adalah tidak adanya daun baru yang tumbuh.

 Ilustrasi perawatan Monstera. (Liputan6.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perawatan Monstera. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO-Salah satu momok yang ditakuti para penggemar dan pemilik Monstera adalah saat tanaman mengalami pembusukan. Hal ini bisa terjadi di akar maupun batang.

Salah satu ciri Monstera yang mengalami pembusukan adalah tidak adanya daun baru yang tumbuh. Penyebab utama yang sering terjadi adalah overwatering, atau terlalu sering menyirami tanaman tersebut.

Pemilihan media tanam yang kurang tepat, atau wadah dengan lubang drainase yang tidak memadai juga dapat memicu pembusukan pada akar. Hal ini karena  pada dasarnya tumbuhan ini membutuhkan tanah yang agak lembap. Namun tanaman ini tidak dapat mentoleransi overwatering. Jika tanah terlalu basah, akarnya menjadi rusak.

Salah satu pemilik Monstera, Erik Nugraha, mengisahkan pengalamannya mengalami dan menangani tanamannya yang membusuk di channel Youtube Erik Nugraha Official berjudul Mengatasi Monstera Busuk Batang Episode I seperti dikutip Solopos.com pada Jumat (17/9/2021).  Menurutnya tanaman ini perlu diselamatkan.

Baca Juga: Viral Pelajar SMA Jadi MUA, Hasil Riasannya Bikin Kaget Warganet

Erik Nugraha mengisahkan bahwa Monstera miliknya mengalami pembusukan di batang dan di akar. “Saya tidak tahu ini kenapa apa, yang jelas tidak baik untuk tanaman. Harus diselamatkan dengan cara dipotong, dibuang, supaya tidak menyebar,” bebernya.

Namun sebelum proses penyelamatan Monstera yang mengalami pembusukan, terlebih dulu persiapkan sejumlah peralatan yang diperlukan. Peralatan yang diperlukan antara lain pisau pemotong/cutter, gunting, disinfektan, kapas, dan fungisida.

“Pertama-tama disterilkan terlebih dulu alat pemotongnya, guntingnya disterilkan. Tangan juga disterilkan,” tuturnya.

Baca Juga: Kenali Karakteristik Monstera agar Pencahayaan Pas

Berikut ini langkah-langkah penyelamatan Monstera yang mengalami pembusukan:

1. Potonglah bagian yang berwarna hitam

Potonglah batang Montera yang membusuk, bersihkan semua bagian yang berwarna hitam sampai batang hanya terlihat bagian yang putihnya saja. Setelah operasi batang beres, periksa apakah pembusukan juga terjadi di akar atau tidak.

2. Ambil Monstera dari media tanam

Untuk memeriksa apakah akar juga mengalami pembusukan, ambil monstera dari media tanam. Jika bagian akar mengalami pembusukan, potong bagian yang berwarna hitam.

“Saya cuci dengan cara direndam difungisida. Buang sampe nggak ada yang  busuk lagi. Kalau sudah ada mata tunas jangan sampai kena mata tunas.”

3. Balut bagian yang tadi dipotong

Setelah dipotong dan dihilangkan bagian berwarna hitam, siapkan kapas dan fungisida. Taburkan fungisida ke kapas dan balutkan pada bagian yang tadi dipotong. Pemberian fungisida berfungsi supaya tidak ada bakteri dan jamur.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Monstera Kekurangan Sinar Matahari

4. Ganti media tanam dengan yang baru

Sebaiknya gantilah media tanam  dengan yang baru. Caranya buanglah media tanam lama, lalu bersihkan potnya dengan cara direndam dengan fungisida, lalu kita bilas sampai bersih.

Setelah pot bersih, ganti dengan media tanam baru dan masukkan tanaman yang sudah dioperasi ke dalam pot. Lalu taburkan pasir malang di atasnya. “Enggak ada patokan, sesuai selera aja.”

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Inil Bacaan Doa Saat Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Inilah doa yang dipanjatkan ketika berziarah kubur lengkap dengan arti dan tata caranya.

Hari Pangan Sedunia 2021: Sudah Tepatkah Kita Memperlakukan Pangan?

Peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan global terhadap kelaparan serta untuk menyoroti perlunya memastikan pola makan yang sehat untuk semua.

Hari Pangan Sedunia 2021, Momentum Evaluasi Ketahanan Pangan Indonesia

Selama ini aktivitas manusia dalam mencapai ketahanan pangan sering menurunkan atau menghancurkan habitat alami dan berkontribusi pada kepunahan spesies.

Usia Seks Anak Makin Maju, Beri Pendidikan Seks Sesuai Usia Anak

Majunya usia anak yang melakukan seks tersebut, disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai hubungan seks dan kesehatan reproduksi pada anak.

Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kontak, Manakah yang Paling Baik?

Penggunaan lensa kontak saat ini bukan hanya sebatas sebagai alat bantu penglihatan, melainkan juga sudah seperti bagian dari fashion.

6 Makanan Ini Membantu Perkembangan Otak Anak

Ada sejumlah makanan yang tepat dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fungsi otak anak Anda.

Efek Pandemi Covid-19, Kasus Tuberkulosis Naik Lagi

WHO memaparkan bahwa kemajuan dalam pemberantasan penyakit TBC telah menjadi lebih buruk karena meningkatnya jumlah kasus yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Punya Cicilan Utang KPR atau Pinjol? Ini Trik Bijak Melunasinya

Kita bisa menerapkan salah satu dari dua trik jitu supaya bisa cepat dapat melunasi utang atau cicilan yaitu menggunakan metode debt snowball atau debt stacking.

Mengenal Penyebab Kanker Usus Seperti Diidap Pelawak Qomar

Penyebab utama di balik kedua jenis kanker usus ini adalah mutasi gen.

Viral Kisah Sedih Pria Hidupi Istri ODGJ, Netizen Sindir Baim Wong

Video perjuangan pria menafkahi istrinya yang ODGJ itu kemudian viral di media sosial dan ada netizen yang mengaitkan dengan Baim Wong yang kini ramai diperbincangkan.

90 Karya Seni Rupa Semarakkan Pameran Lentik/Lenting ISI Surakarta

Pameran Lentik/Lenting adalah gagasan untuk melihat lentiknya potensi pengetahuan seni tradisi dengan segenap ciri artistik dan estetiknya, serta potensinya untuk melenting.

15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, Tak Hanya untuk Cegah Covid-19

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini pertama dicetuskan oleh Global Handwashing Partnership pada tahun 2008.

Cara Mudah Membeli dan Menggunakan Meterai Elektronik alias E-Meterai

Berikut ini terdapat cara mudah membeli dan menggunakan meterai elektronik alias e-meterai di pos.e-meterai.co.id.

Ini Bacaan Doa Agar Usaha dan Rezeki Lancar

Berikut bacaan doa yang bisa dilafalkan setiap hari agar usaha dan rezeki dilancarkan atas izin-Nya.

Agar Anak Tidak Jadi Penakut, Ajarkan Doa Ini!

Berikut ini terdapat doa yang bisa orang tua ajarkan kepada si kecil agar anak tidak jadi penakut. Lengkap dengan latin dan artinya.

Pilihlah Masakan Rumah daripada Masakan Restoran, Ini Alasannya

Tak ada salahnya membawa bekal makanan berupa masakan dari rumah saat Anda bekerja dan anak sekolah.