Monas Dipadati Massa, Ini Video Streaming Reuni 212
Penampakan massa aksi reuni 212. (Istimewa/Youtube/Front TV)

Solopos.com JAKARTA - Kawasan Silang Monas tampak sudah tidak bisa menampung jutaan orang yang ingin menghadiri acara Reuni Aksi Bela Islam 212 pada Minggu pagi ini.

Mengutip laporan Okezone, Minggu (2/12/2018), pintu timur Monas sudah ditutup untuk massa yang ingin masuk ke dalamnya. Pintu hanya dibuka bagi massa yang imgin keluar dari kawasan tersebut.

Namun, massa menumpuk di depan pintu gerbang stasiun gambir sebelah timur yang berdekatan dengan pintu timur Monas. Panitia yang menggunakan pengeras suara bersama aparat keamanan langsung mengarahkan massa untuk masuk ke Stasiun Gambir. Mereka diarahkan ke pintu lain kawasan Monas.

Dilansir Solopos.com sebelumnya mengutip pantauan AntaraMinggu pagi WIB sejak sekitar pukul 05.00 WIB Jalan Kwitang Raya, Senen, menuju Tugu Tani, Monas, Jakarta Pusat, dan sekitarnya telah dipadati peserta aksi Reuni Akbar 212.

Bus-bus dan kendaraan pribadi para peserta aksi yang diparkir di sisi jalan juga menambah kepadatan karena ruas jalan itu menjadi menyempit dan sulit dilalui. Jalan Medan Merdeka di sekitar silang Monas juga sudah tidak bisa dilalui karena dipadati massa, bus-bus, dan kendaraan pribadi yang diparkir di pinggir jalan. Hal serupa terjadi di sekitar Jalan Agus Salim (Sabang) dan jalan Kebon Sirih.

Sejumlah peserta aksi Reuni 212 yang membawa kendaraan pribadi mengaku harus memarkir kendaraannya jauh dari lokasi acara di Monas. "Terpaksa harus parkir di sini, tapi enggak masalah meski harus jalan kaki ke Monas," kata Zaky yang memarkir mobilnya di Jalan Agus Salim (Sabang).

Zaky yang membawa delapan rekannya mengaku berangkat dari Bekasi setelah melaksanakan shalat Subuh. "Kami tidak ikut menginap, yang penting bisa ikut berpartisipasi lagi, hadir di acara Reuni Akbar 212," katanya.

Hal senada juga dikatakan Syamsul Hadi, warga Depok yang sengaja berangkat pagi-pagi setelah Shalat Subuh, namun juga terpaksa memarkir kendaraannya di kawasan Jalan Cikini Raya, karena sudah sulit untuk lebih dekat dengan Monas.

Syamsul yang datang bersama istri, dua anaknya dan dua temannya itu merupakan sedikit dari jutaan orang yang turut hadir memeriahkan acara Reuni Akbar 212 di Lapangan Monas yang digelar sejak Sabtu (1/12) malam hingga Minggu siang.

Hingga Minggu pagi, massa peserta Reuni 212 masih terus berdatangan dan masuk ke dalam kawasan Monas.

Dua hari sebelumnya, di sisi barat Silang Monas, digelar apel bersama pengamanan Natal-Tahun Baru hingga Pemilu 2019 oleh gabungan personel TNI dan Polri.

Sebagai simbol dari kesatuan persepsi dan komitmen kedua institusi itu, dihadirkan sekitar 43.000 personel gabungan TNI dengan berbagai peralatan perangnya serta sekitar 9.000 personel polisi dari berbagai korps dan fungsinya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom