Solopos.com, KLATEN — Sejumlah biksu dan samanera melakukan prosesi pradaksina dalam rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Candi Sewu, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023).

PromosiSejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Para biksu, samanera, samaneri, dan ribuan umat Buddha melakukan prosesi pradaksina atau mengelilingi Candi Sewu untuk mempersiapkan diri menyambut detik-detik Waisak 2567 BE/2023.

Pada pradaksina tahun ini, umat hanya satu kali mengeliling Candi Sewu dari biasanya sebanyak tiga kali. Hal itu dilakukan lantaran mempertimbangkan waktu serta kondisi cuaca yang panas.

Sebelum prosesi pradaksina, para biksu dan umat Buddha berjalan kaki dari Candi Lumbung menuju pelataran Candi Sewu sejauh 500 meter.

 

Umat Buddha mengikuti prosesi pradaksina atau mengelilingi candi pada perayaan Waisak di Candi Sewu, Klaten, Minggu (4/6/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Sejumlah biksu berjalan kaki dari Candi Lumbung menuju pelataran Candi Sewu untuk melaksanakan ibadah pada perayaan Waisak di Klaten, Minggu (4/6/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Sejumlah biksu memimpin doa pada perayaan Waisak di Candi Sewu, Prambanan, Klaten, Minggu (4/6/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi