Solopos.com, JAKARTA — Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan KRI Bung Karno-369 di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

KRI Bung Karno-369 yang merupakan kapal perang jenis korvet tersebut resmi masuk dalam jajaran TNI AL menggantikan kapal kepresidenan KRI Barakuda-633 yang telah beroperasi selama kurang lebih 30 tahun.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menjelaskan tugas pokok kapal perang teranyar TNI AL, KRI Bung Karno-369, untuk peperangan permukaan dan peperangan antiserangan udara. Oleh karena itu, KRI Bung Karno-369 nantinya akan dilengkapi dengan persenjataan yang lebih lengkap dibandingkan dengan KRI pendahulunya, KRI Barakuda-633.

KRI Bung Karno-369 dibuat perusahaan dalam negeri PT Karimun Anugrah Sejati di Batam, Kepulauan Riau. Kapal itu dipesan pada 21 Juni 2022 dan rampung dibuat dalam waktu 1 tahun.

 

Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kedua kiri) istri Ny. Vero Yudo Margono (kiri), Ketua DPR Puan Maharani (ketiga kanan), dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali (kedua kanan) memberikan potongan tumpeng kepada Komandan KRI Bung Karno-369 Letkol Laut (P) Krido Satrio Utomo saat Peresmian dan Pengukuhan KRI Bung Karno-369 di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023). (Antara/M Risyal Hidayat)

 

Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri (tengah) berjalan memasuki ruang KRI Bung Karno-369 saat Peresmian dan Pengukuhan KRI Bung Karno-369 di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023). (Antara/M Risyal Hidayat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi