SOLOPOS.COM - Cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Srinarendra memberikan angpao ke barongsai pada Cap Go Meh di Balai Kota Solo, Minggu (5/2/2023). Cap Go Meh yang merupakan Puncak Perayaan Hari Raya Imlek 2574 tersebut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti atraksi barongsai, musik, dan tarian khas Tionghoa. (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO–Jan Ethes Srinarendra tak takut lagi dengan barongsai. Dia memberikan angpau ketika pertunjukkan barongsai perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di Pendapi Gede Kompleks Balai Kota Solo, Minggu (5/2/2023) malam.

Pantauan Solopos.com puncak perayaan Tahun Baru Imlek 2023, Cap Go Meh, diawali dengan pentas barongsai di hadapan para tamu undangan yang mayoritas mengenakan pakaian merah. Ada enam barongsai yang tampil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hadir bersama istrinya Selvi Ananda serta kedua buah hati mereka, Jan Ethes dan La Lembah Manah.

Selvi dan La Lembah Manah mengenakan pakaian merah. Ethes mengenakan pakaian putih.

Selanjutnya Gibran, Selvi, La Lembah, dan Ethes memberikan angpau kepada barongsai. La Lembah Manah digendongan ibunya memberikan angpau.

Ada hal unik ketika keluarga Presiden Jokowi itu menyerahkan angpau. Ethes tampak tidak ragu memberikan angpau ke barongsai.

Padahal, Ethes sempat takut dengan barongsai ketika mengikuti Jalan Sehat Menuju 1 Abad NU, Minggu (23/1/2023) pagi.

Hal itu dibenarkan Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Solo Safari, Senin (23/1/2023). “Pegang ular tadi. Takutnya barongsai,” kata Jokowi sambil tersenyum.

Ketua Panitia Bersama Imlek 2574/2023 Sumartono Hadinoto mengapresiasi semua pihak rangkaian Imlek 2023 berjalan lancar dan aman. Hal yang sama diharapkan pada Imlek pada tahun-tahun berikutnya.

Dia menjelaskan pesan perayaan Imlek tak tanya menyambut Tahun Baru Imlek dan hari raya umat Konghucu namun untuk mengokohkan semangat gotong royong Indonesia.

“Melalui budaya terjalin komunikasi yang baik dan beragam bentuknya,” ujarnya. 

Adapun rangkaian kegiatan yang telah berlangsung, adalah  atraksi lampion, donor darah dengan target 200 orang di PMI Kota Solo, karnaval Grebeg Sudiro 2023, pesta kembang api, kirab Cap Go Meh, dan Cap Go Meh di Pendapi Gede Kompleks Balai Kota Solo. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya