SOLOPOS.COM - Ibu Negara Iriana Jokowi saat menghadiri parade perempuan berkebaya di Solo, Minggu (2/10/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Perempuan berkebaya dengan jarit membanjiri Jl Slamet Riyadi, Solo, tepatnya di depan House of Danar Hadi, Minggu (2/10/2022) sore. Ada 2.500 perempuan yang ikut dalam acara Berkebaya bersama Ibu Negara itu.

Mereka berjalan dari Loji Gandrung Solo sampai depan House of Danar Hadi sekitar pukul 14.30 WIB. Barisan pertama merupakan para perempuan berkebaya yang berjalan kaki, di antaranya ada Ketua DPR Puan Maharani.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kehadiran Puan menjadi perhatian warga yang menyaksikan kegiatan bertepatan pada Hari Batik Nasional tersebut. Selanjutnya ada perempuan yang bekerja maupun mengenakan kebaya sebagai pakaian sehari-hari.

Para perempuan berkebaya itu adalah buruh Pasar Legi Kota Solo, pedagang jamu gendong, pemain musik tradisional siter, pedagang pecel desa, pedagang lenjongan, dan pedagang tenongan.

Ekspedisi Mudik 2024

Penampilan perempuan itu menunjukkan warga pada era modern sekarang ini masih banyak perempuan yang tetap memilih dan mencintai pakaian kebaya. Selanjutnya Ibu Negara Iriana Joko Widodo turut serta dengan kebaya warna merah.

Baca Juga: Agenda Berkebaya Bersama Ibu Negara Siang Ini, Cek Lokasi Parkirnya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka serta Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Selvi Ananda yang tak lain putra dan menantu Ibu Negara Iriana turut serta. Tampak rambut Selvi Ananda disanggul.

perempuan berkebaya solo
Ibu Negara Iriana Jokowi di tengah-tengah rombongan perempuan berkebaya di Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (2/10/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Di antara para perempuan berkebaya yang membanjiri Jl Slamet Riyadi Solo itu tampak hadir istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wury Estu Handayani dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Rekor Muri Perempuan Berkebaya Terbanyak

Sejumlah istri gubernur di Indonesia dan Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (Oase) yang terdiri dari para istri menteri Kabinet Indonesia Maju tampak hadir. Di antaranya ada Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Pulang ke Solo, Iriana Jokowi akan Hadiri Acara Berkebaya Bersama Ibu Negara

Berikutnya  Ketua Tim Penggerak PKK Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak, Ketua Himpunan Ratna Busana Surakarta Danarsih Santosa Doellah, dan Ketua Pelaksana Acara Febri Dipokusumo.

Acara  Berkebaya bersama Ibu Negara diganjar rekor oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) kategori Berkebaya dengan Jarit Wiru Solo bersama Ibu Negara oleh Perempuan Terbanyak. Iriana Jokowi menandatangani sampul peringatan Berkebaya Bersama Ibu Negara dan pernyataan dukungan hari kebaya nasional dan kebaya goes to UNESCO.

Ibu Negara memberikan pesan kepada para perempuan Indonesia khususnya pesinden, pengrawit, penari, buruh gendong, bakul jamu, dan pembatik yang selalu setia memakai kebaya dan jarit dalam bekerja maupun untuk harian.

Baca Juga: Ibu Negara Iriana Jokowi akan Meriahkan Parade Kebaya Solo, Catat Tanggalnya

“Semoga kesediaan dan kecintaan ibu-ibu pada kain dan kebaya menginspirasi kaum perempuan dan generasi muda Indonesia. Untuk bangga mencintai kain dan kebaya sebagai citra perempuan Indonesia. Saya juga menyampaikan selamat Hari Batik Nasional,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya