SOLOPOS.COM - Cucu Presiden Jokowi, Sedah Mirah, saat mengikuti prosesi siraman Kaesang Pangarep di kediaman Jokowi, Sumber, Jumat (9/12/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO– Cucu Presiden Jokowi, Sedah Mirah Nasution, sempat menyapa wartawan sebelum tradisi siraman calon manten Kaesang Pangarep dimulai di kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022).

Pantauan Solopos.com ,  Sedah mengenakain pakaian kebaya dengan jarit. Dia melambaikan tangan di hadapan wartawan. Selanjutnya dia masuk ke ruangan untuk tradisi siraman calon manten Kaesang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sedah merupakan anak pertama dari Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution. Keluarga Jokowi tampak mengenakan pakaian kebaya serta beskap dengan warna merah jambu.

Kondisi lalu lintas Jl Letjen Suprapto, Solo sekitar pukul 07.00 WIB, lancar meskipun ada kegiatan tradisi siraman di kediaman Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022) pagi.

Ekspedisi Mudik 2024

Para tamu yang merupakan keluarga Presiden Jokowi sudah datang sejak pagi meskipun acara dimulai pukul 08.00 WIB. Sementara para menteri hadir lebih dari 07.00 WIB.

Baca Juga: Ada Pernikahan Kaesang-Erina, Ratusan PKL CFD Solo Pilih Meliburkan Diri

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan hanya keluarga inti yang mengikuti tradisi siraman sebelum pernikahan Kaesang  Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Kota Solo, Jumat (9/12/2022).

Hal itu disampaikan Wali Kota Solo yang juga sebagai juru bicara pernikahan Kaesang dengan Erina kepada Solopos.com di Balai Kota Solo, Kamis (8/12/2022).

“Tradisi seperti siraman biasa,” jelasnya. Dia mengatakan semua sudah siap untuk pernikahan Kaesang.

Menurut dia, acara dimulai dengan pengajian di kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Kamis (8/12/2022) sore. Pengajian dilakukan keluarga besar.

Selanjutnya, ada tradisi siraman di rumah masing-masing manten, yakni Erina di Sleman dan Kaesang di Kota Solo. Siraman dilakukan oleh keluarga, termasuk saudara Presiden Jokowi maupun saudara Ibu Negara Iriana Jokowi.

Baca Juga: Modern-Elegan Jadi Tema Suvenir Penikahan Kaesang-Erina

“Yang nyirami yang sudah pernah mantu. Semua berarti ya. Dari pakde, bude yang sudah mantu,” kata dia.

Wali Kota Solo mengatakan mengambil air dari tujuh tempat untuk tradisi siraman. Sumber dari dari rumah, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan Pura Mangkunegaran.

“Dari rumah eyang, rumah sendiri, Masjid Agung Solo, Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Keraton Solo, Pura Mangkunegaran, dan Pengging,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya