SOLOPOS.COM - Piala Oscar. (Istimewa/telegraph.co.uk)

Solopos.com, JAKARTA--Penyelenggaraan Oscar tahun ini merupakan momen berulang ajang ini setelah 79 tahun berlalu. Hal ini karena kedua penyelenggaraan event bergensi bagi insan perfilman ini nyaris tak digelar.

Penyelenggaraan Oscar tahun ini menghadapi tantangan besar. Karena dunia tengah menghadapi krisis global berupa pandemi Covid-19. Oscar nyaris tak bisa digelar.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Penyelenggaraan Oscar tahun ini disebut peristiwa berulang yang dialami ajang ini setelah 79 tahun berlalu. Pada 1942, ajang Oscar hampir dibatalkan sama sekali. Masuknya Amerika Serikat dalam peristiwa Perang Dunia II menjadi salah satu alasannya.

Baca Juga: Kangen Melinda "Cinta Satu Malam"? Begini Kabarnya Sekarang

Ekspedisi Mudik 2024

Serangan terhadap Pearl Harbor menjadi faktor selanjutnya yang diyakini ajang yang juga dikenal sebagai gelaran termewah di industri film Hollywood itu lantas dianggap tak layak dihelat.

Meski begitu, penyelenggaraan Oscar pada tahun itu akhirnya tetap digelar namun dengan seremoni yang lebih minimal. Oscar dikenal sejak dulu mengusung kesempurnaan.

Ajang ini akhirnya harus menghapus beberapa aturan, salah satunya membolehkan busana para tamu yang hadir tak harus berkesan formal.

"Dampak perang terlihat jelas di seremoni Oscar saat itu," ungkap sejarahwan Oscar dan perfilman Hollywood, Dave Karger, dilansir dari Entertainment Weekly dan detikcom, Kamis (22/4/2021).

Sekarang, hampir 80 tahun kemudian, penyelenggaraan Oscar menghadapi krisis global yang sifatnya berbeda yakni serangan pandemi Covid-19.

"Pada 1942 adalah saat terdekat Oscar dibatalkan," kata Karger.

Baca Juga: Maudy Ayunda Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021

"Perbedaan besar antara 1942 dan 2021 adalah pada  1942, yang menjadi pertanyaan adalah apakah menghelat acara seremoni penghargaan itu dirasa benar. Hari ini, kita berbicara tentang apakah mengadakan upacara aman secara fisik," ungkap Karger lagi.

Penyelenggaraan Oscar tahun ini di tengah pandemi Covid-19. Ajang ini akan tetap digelar secara langsung namun intim pada 25 April 2021 waktu AS.

Meminimalkan persebaran Covid-19, ajang ini tak hanya akan dilangsungkan dari satu tempat saja. Selain digelar secara langsung di Dolby Theater, ajang ini juga mengambil tempat di lokasi Union Stations, di Los Angeles, Amerika Serikat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya