SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Rudi Hartono/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Rudi Hartono/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Wilayah Kecamatan Mojogedang, Gondangrejo dan Jatiyoso berturut-turut menduduki peringkat pertama hingga ketiga untuk jumlah rumah tangga miskin terbanyak di Kabupaten Karanganyar.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hal itu merujuk hasil pendataan program perlindungan sosial (PPLS) tahun 2011 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karanganyar.

Informasi yang dihimpun Solopos.com di Kantor BPS Karanganyar, Senin (3/9/2012), jumlah rumah tangga miskin di tiga kecamatan tersebut berturut-turut 1.936 keluarga, 1.905 keluarga dan 1.570 keluarga.

Sementara untuk posisi keempat penyumbang angka kemiskinan terbesar di Karanganyar dipegang oleh Kecamatan Jumantono dengan 1.326 keluarga. Sedangkan jumlah keseluruhan rumah tangga miskin di Karanganyar tercatat 17.896 keluarga. Jumlah itu terdiri 10.764 keluarga berstatus miskin dan 7.132 keluarga sangat miskin.

Kasubag Tata Usaha (TU) BPS Karanganyar, Purwono, saat ditemui Solopos.com, mengatakan peta kemiskinan hasil PPLS 2011 hampir sama dengan hasil PPLS tahun 2008 lalu. Menurut dia penyebab tingginya angka kemiskinan di Mojogedang, Gondangrejo dan Jatiyoso adalah lahan kurang subur. Kondisi itu pula yang menyebabkan sebagian warga memilih merantau ke kota besar untuk mengadu peruntungan.

“Wilayah yang banyak warganya miskin bisa karena tanahnya tidak subur. Bisa juga karena masih sedikit warga yang merantau. Sebab faktanya merantau lumayan berpengaruh terhadap peningkatan strata kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Selain rumah tangga miskin, di Karanganyar terdapat 26.061 keluarga berstatus hampir miskin dan 43.333 keluarga rentan miskin. PPLS 2011 dilakukan BPS dengan menggandeng perangkat desa di Bumi Intanpari. Teknisnya dengan cara mendata secara door to door menggunakan daftar kuesioner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya