SOLOPOS.COM - Zenfone 2 dengan OS Windows 7 (slashgear)

Modifikasi smartphone yang dilakukan ycavan memang terbilang unik.

Solopos.com, SOLO – Asus Zenfone 2 dijalankan dengan sistem operasi (OS) Android. Namun, ponsel ini rupanya juga bisa dipakai untuk menjalankan OS komputer, Windows 7. Tidak percaya?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini memang terdengar aneh. Pasalnya, tidak semua sistem operasi bisa sejalan dengan perangkat. Meski begitu, akun ycavan di forum Internet XDA Developers telah berhasil memasang sistem operasi Windows 7 dalam perangkat Android Asus Zenfone 2.

Dilansir Slashgear, Jumat (10/7/2015), menurut ycavan, Windows 7 bisa dijalankan dalam Asus Zenfone 2 berkat prosesor buatan Intel. Windows 7 pun bukanlah OS ringan yang bisa dijalankan dengan mudah. Sistem ini pada dasarnya hanya bisa dioperasikan mesin virtual yang berjalan di Android.

Sementara itu, pada Rabu (8/7) lalu, ycavan memberikan video tutorial terkait cara agar Windows 7 bisa berjalan dalam smartphone Android. Dalam video berdurasi sekitar tujuh menit itu, tampak proses pemasangan Windows 7 dalam Asus Zenfone 2 yang tidak terlalu sulit. Perangkat harus di-root terlebih dahulu dan kernel Linux juga perlu di-flash ke dalam perangkat.

Dengan arsitektur x86/x64 yang dimiliki chip Intel, Windows 7 lebih mungkin dijalankan daripada prosesor buatan ARM yang banyak dipakai oleh smartphone dan tablet di pasaran. Sistem operasi non-Android pun bisa berjalan dengan lebih mudah dan lebih kencang daripada di perangkat non-Intel dalam kondisi yang sama.

Dalam beberapa kasus, pengguna harus mengetik dan menjalankan perintah-perintah tertentu. Dengan langkah yang sama, smartphone ini diduga juga dapat diaplikasikan untuk sistem operasi Microsoft lainnya seperti Windows 8 atau Windows 10. Namun, hingga saat ini masih belum ada yang mencobanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya