SOLOPOS.COM - Jeep bermesin Yamaha Vixion karya siswa SMK Angkasa Lanud Husein Bandung. (Metrotvnews.com)

Modifikasi motor Yamaha Vixion jadi Jeep dilakukan siswa SMK.

Solopos.com, BANDUNG – Jika di Jerman ada motor Honda RC213V yang dimodifikasi jadi mobil balap, di Indonesia juga tidak kalah. Siswa SMK Angkasa Lanud Husein Bandung berhasil menyulap motor Yamaha Vixion jadi mobil Jeep.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam proses modifikasi motor itu, Yamaha Vixion hanya dimanfaatkan jantung mekanisnya, yakni mesin injeksi SOHC 150 cc satu silinder berpendingin cairan yang mampu menyemburkan tenaga 16 hp pada 8.500 rpm.

Ekspedisi Mudik 2024

Kiki, satu dari empat siswa yang menciptakan Jeep bermesin Vixion itu menjelaskan bahwa sasis dan bodi mobil “jadi-jadian” itu dibuat secara mandiri. Sedangkan onderdil dan perangkat lainnya memanfaatkan produk yang banyak dijual di pasaran.

“Mesinnya pakai Yamaha Vixion 150 cc, kami Cuma buat bodi sama rangka. Tapi komponennya sebagian besar mengadopsi produk yang sudah ada dengan pengumpulan sampai tiga bulan,” terang Kiki seperti dilansir laman Metrotvnews, Rabu (16/9/2015).

Slamet Rahayu, guru pembimbing Kiki dkk mengatakan modifikasi motor Vixion menjadi Jeep itu menelan biaya lebih dari Rp43 juta. Ia juga menuturkan karya anak didiknya itu telah dipamerkan dan didemonstrasikan dalam pameran Bandung Air Show 2015.

Mengetahui kabar tersebut, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengaku sangat mendukung. Dikutip dari laman Okezone, YIMM bahkan bersedia memodali pengembangan mobil rakitan yang diberi nama Jeep V-150i itu.

“Kami sih maunya ketemu dulu untuk diskusi dan lihat langsung. Dari sana akan ketahuan latar belakang membangun kendaraan ini apa. Hanya sebagai tugas atau memang ingin serius,” ungkap M Masykur, Assistant GM Marketing YIMM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya