SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA— Penerapan teknologi modifikasi cuaca telah menghabiskn 40 ton garam atau NaCL. Penerapan itu berlangsung sejak pekan lalu, dengan jumlah penerbangan sebanyak 10 kali.

Dalam siaran pers Badan Pengajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jumat (1/2/2013), disebutkan lokasi penyemaian awan melalui pesawat dilakukan di sekitar pantai barat Pulau Jawa untuk menghambat datangnya awan jenuh ke wilayah Jabodetabek.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara penyemaian dari darat yang menggunakan ground base generator (GBG) di wilayah Jabodetabek dilakukan tiga kali setiap harinya.

BPPT mengklaim selama 6 hari teknologi modifikasi cuaca (TMC) diberlakukan telah berhasil mengurangi intensitas curah hujan dan risiko banjir di wilayah Jabodetabek.

Proses penyemaian terus dilanjutkan dan direncakan dua sorti penerbangan kembali dilakukan Jumat (1/2) ini. Meskipun begitu, efektivitas TMC bergantung pada kondisi cuaca dan dinamika atmosfer yang ada. (Kabar24/nj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya