Modern! SMA IT Al Huda Wonogiri Terapkan e-Voting saat Pilih Ketua OSIS

SMA Islam Terpadu (IT) Al Huda Wonogiri menggunakan sistem e-voting untuk memilih calon ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) 2022/2023, Sabtu (17/9/2022).

 Salah seorang siswa di SMA IT Al Huda Wonogiri sedang menggunakan sistem informasi e-voting untuk memilih calon ketua OSIS 2022/2023 pilihannya, Sabtu (17/9/2022). (Istimewa/Rumbi)

SOLOPOS.COM - Salah seorang siswa di SMA IT Al Huda Wonogiri sedang menggunakan sistem informasi e-voting untuk memilih calon ketua OSIS 2022/2023 pilihannya, Sabtu (17/9/2022). (Istimewa/Rumbi)

Solopos.com, WONOGIRI — SMA Islam Terpadu (IT) Al Huda Wonogiri menggunakan sistem e-voting untuk memilih calon ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) 2022/2023, Sabtu (17/9/2022). Sistem tersebut dinilai dapat menghemat waktu maupun anggaran.

Berdasar informasi yang dihimpun Solopos.com, sistem e-voting merupakan hasil usulan dari majelis permusyarawatan siswa (MPS) sekolah setempat selaku panitia pemilihan ketua OSIS 2022/2023. Mekanisme pemilihan menggunakan sistem informasi yang dapat diakses melalui situs web SMA IT Al Huda Wonogiri.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Kegiatan ini digelar menyusul akan berakhirnya masa jabatan pengurus OSIS masa bakti 2021/2022. Kami berharap, sistem ini bisa jadi awalan yang baik untuk proses demokrasi ke depannya di SMA IT Al Huda,” kata perwakilan panitia pemilihan ketua OSIS, Rafif, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Minggu (18/9/2022).

Adapun jumlah kandidat yang diajukan menjadi ketua OSIS 2022/2023 berjumlah empat orang. Masing-masing, Ahmad Nur Sholeh, M. Shiddiq Abiyoso, Aisy Mufida Albar, dan Muhralany. Seluruh kandidat itu merupakan siswa kelas XI di sekolah setempat.

Sebelum hari pemilihan, Jumat (16/9/2022), keempat kandidat tersebut mengikuti kampanye dialogis. Masing-masing dari mereka menyampaikan visi-misi sebagai calon ketua OSIS secara langsung maupun melalui media sosial.

Baca Juga: Ini Syarat Jadi Panwascam di Wonogiri

Guru SMA IT Al Huda Wonogiri, Rumbi, mengatakan proses pemilihan ketua OSIS dengan sistem e-voting tersebut berlangsung lancar dan diikuti hampir seluruh siswa. Terdapat dua cara saat mengikuti kegiatan tersebut.

Dua cara itu, langsung melalui laptop yang disediakan panitia di salah satu ruangan sekolah dan melalui tautan yang disediakan panitia apabila siswa tersebut tak sedang berada di sekolah.

“Hampir semua siswa, sebanyak 254 siswa dari kelas X-XII memilih langsung. Tapi ada juga yang melalui link karena SMA IT Al Huda ini boarding school. Jadi mereka kami persilakan mengisi secara online. Dari 254 siswa, hanya lima siswa yang tidak memilih karena saat dikirimi link yang bersangkutan tidak merespons,” ujarnya kepada Solopos.com, Minggu.

Pemilihan ketua OSIS di SMA IT Al Huda Wonogiri menggunakan sistem e-voting telah digelar dua kali. Saat pertama kali diterapkan pada 2021, sistem e-voting dilakukan melalui Google Form. Pada 2022, SMA IT Al Huda Wonogiri membuat sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk e-voting.

Baca Juga: Lowongan Panwascam Wonogiri Dibuka 21 September, Simak Jadwal Lengkapnya!

Rumbi mengaku ikut terlibat dalam penyelenggaraan sistem baru tersebut. Bersama sejumlah guru, ia membikin e-voting dalam pemilihan ketua OSIS 2022/2023. Selain meringkas waktu, sistem pemilihan tersebut juga menghemat anggaran yang dikeluarkan.

“Kalau voting manual itu kan harus menggunakan kertas, kotak suara, dan alat coblos. Belum lagi proses perhitungannya. Kalau e-voting ini kan setiap pemilih hanya perlu masuk ke link memilih kandidat pilihannya dan memasukkan NISN [nomor induk siswa nasional], setelah itu keluar,” kata dia.

Sistem e-voting hanya mengeluarkan biaya Rp200.000. Sedangkan sistem manual dapat menghabiskan anggaran senilai Rp1,2 juta-Rp1,5 juta.

“Selain lebih efisien dan efektif, yang terpenting adalah para siswa dapat belajar demokrasi secara lebih modern,” imbuhnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak di sini.

      Ustaz Adi Hidayat akan Isi Pengajian Muktamar Muhammadiyah Solo Akhir Pekan Ini

      Tabligh Akbar itu bakal diikuti warga persyarikatan Muhammadiyah se-Soloraya secara daring dan luring. Diperkirakan ada 100.000 jemaah yang bakal mengikuti acara.

      Agenda Solo Hari Ini: Fashion Show By Sosialita di SBF, Krenova di STP

      Agenda Kota Solo hari ini, Rabu (5/10/2022), akan ada Fashion Show By Sosialita di Solo Batik Fashion, Krenova Subosukawonosraten di Solo Technopark dan wayang orang di GWO Sriwedari.

      Stok Vaksin Covid-19 di Solo Habis, Ini Langkah Wali Kota Gibran

      Stok vaksin Covid-19 di Solo habis sejak awal Oktober dan sudah mengajukan stok ke Dinkes Jateng

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022, Dominan Berawan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Solo Rabu 5 Oktober: Berawan Sepanjang Hari dan Tidak Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo pada Rabu (5/10/2022) ini menurut prakiraan cuaca dari BMKG akan berawan sepanjang dan tidak ada potensi hujan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Rabu Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.